Selasa, 21 September 21

Oknum DPR Minta Proyek Listrik Terbesar ke Freeport

Oknum DPR Minta Proyek Listrik Terbesar ke Freeport

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Sahid ‎mengungkapkan, Anggota DPR RI yang mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, tidak hanya meminta jatah saham ke Freeport tapi juga meminta pihak Freeport menjadi investor dalam proyek pembangkit listrik di Timika Papua.

Menurut Sudirman, proyek pembangkit listrik itu nantinya akan menjadi proyek terbesar di Timika Papua. Jauh lebih besar dari proyek pembangkit listrik yang melibatkan mantan anggota DPR dari Fraksi Hanura Dewie Yasin Limpo yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Wah itu jauh sekali (kasus Dewie Limpo)  itu urusan listrik kecil banget. Kalau  ini listrik besar sekali. Itu kalau jadi, akan jadi PLTA terbesar,” ungkap Sudirman Said usai melaporkan politisi Senayan itu ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di DPR, Senin (16/11/2015).

Sudirman mengaku sudah melaporkan pelanggaran etik politisi senayan ke MKD berdasarkan data-data yang ia punya. Untuk memastikan kebenarannya itu, Sudirman juga siap dikonfrontasi dengan Pimpinan Freeport. “Ketika saya sudah melaporkan, saya siap memberikan keterangan,” tutur Menteri ESDM.

Meski sudah melaporkan ke MKD, kasus ini masih menjadi misterius. Sebab, Sudirman belum berani mengungkap Indentitas politisi senayan yang sudah mencatut nama Jokowi. Termasuk nama seorang pengusaha terkenal yang disebut-sebut terlibat dalam pertemuan antara politisi Senayan dengan pimpinan Freeport.

“Nama dan identitasnya sudah saya serahkan ke MKD,” singkatnya.

Selebihnya, Sudirman menyerahkan sepenuhnya kepada MKD untuk bekerja dengan maksimal dan independen. Sebab ia percaya, tindakan anggota tersebut telah melanggar ‎proses secara intitusional dan konstitusional, lantaran berani mencampuri tugas eksekutif dan sarat akan konflik kepentingan.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.