Jumat, 19 April 24

OKI Sepakat Boikot Produk Israel!

OKI Sepakat Boikot Produk Israel!

Jakarta, Obsessionnews – Para pemimpin dunia Islam yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah sepakat merapatkan barisan dan memperkuat persatuan untuk menggelorakan kembali dukungan terhadap rakyat Palestina.

“Selama dua hari terakhir, saya sungguh merasakan dukungan penuh dan solidaritas dunia Islam terhadap Palestina,” ujar Presiden Jokowi saat menutup KTT LB ke-5 OKI di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (7/3/2016).

Melalui KTT ini, para pemimpin dunia Islam telah mengirimkan pesan kuat kepada seluruh pihak yang terlibat dalam konflik di Palestina. Untuk itu menurut Presiden Jokowi, penting bagi OKI untuk meningkatkan dukungan terhadap Palestina, melalui sejumlah langkah-langkah konkrit.

Pertama, perlu penguatan dukungan politis untuk hidupkan kembali proses perdamaian, peninjauan kembali Quartet dengan kemungkinan penambahan anggotanya, dan penguatan tekanan kepada Israel, termasuk boikot terhadap produk Israel yang dihasilkan di wilayah pendudukan.

Serta pula, kata Presiden, perlu peningkatan tekanan pada DK PBB untuk memberikan perlindungan internasional bagi Palestina dan penetapan batas waktu pengakhiran pendudukan Israel, penolakan tegas atas pembatasan akses beribadah ke Masjid Al-Aqsa serta tindakan Israel mengubah status-quo dan demogrfi Al-Quds Al-Sharif.

Selain itu, Jokowi mengatakan KTT ini berhasil mengesahkan dua dokumen yang sangat penting. Pertama adalah Resolusi yang menegaskan kembali posisi prinsip dan komitmen OKI terhadap Palestina dan Al-Quds Al-Sharif. Kedua, adalah Jakarta Declaration, sebagai inisiatif Indonesia, yang memuat rencana aksi konkrit para pemimpin OKI untuk penyelesaian isu Palestina dan Al-Quds Al-Sharif.

“Kami berterima kasih atas dukungan tersebut. Dan Indonesia siap bekerja sama  untuk mendukung implementasi Deklarasi tersebut,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.