Minggu, 5 Desember 21

Objek Wisata Mandeh Tawarkan Pesona Menawan

Objek Wisata Mandeh Tawarkan Pesona Menawan

Painan, Obsessionnews – Objek Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyimpan pesona yang cukup menawan. Betapa tidak. Keindahan bawah laut yang ada di kawasan itu mampu menyedot perhatian pengunjung.

Selain biota laut dan taman laut serta terumbu karang, di bawah dasar laut penyelam juga akan dapat menikmati pesona keindahan bangkai kapal di dasar laut peninggalan Belanda. Kapal bermerek MV. Boelongan Nederland diketahui tenggelam tahun 1942.

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Sumberdaya Manusia Kerjasama dan Investasi Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan Isfildi mengatakan, potensi yang tersedia di Kawasan Mandeh cukup banyak, namun belum terekspos secara keseluruhan, karena baru dalam setahun belakangan secara serius menggarap kawasan dimaksud.

“Pemandangan dikawasan itu sangat indah. Di dasar laut juga tidak kalah menarik dengan keindahannya seperti kapal tenggelam, taman lautnya dan terumbu karangnya,” kata Isfildi kepada obsessionnews.com saat mengunjungi kawasan objek wisata dimaksud, Sabtu (2/5).

 Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Sumberdaya Manusia Kerjasama dan Investasi Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan Isfildi
Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Sumberdaya Manusia Kerjasama dan Investasi Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan Isfildi

Berwisata ke kawasan mandeh seluas 860 hektar itu banyak yang bisa dilakukan. Pengunjung bisa berenang (diving) dan menyelam (snorkeling) menyelam sepuasnya. Pengunjung juga dapat menimati keindahan pantai dibagian selatan pulau tersebut.

“Potensinya sangat banyak dan banyak yang bisa dilakukan pengunjung,” ujar Is berpromosi.

Siapa pun yang ingin mengisi hari libur ke Sumbar untuk berwisata, tidak ada ruginya menyempatkan diri untuk menikmati keindahan kawasan Mandeh, meskipun ada tempat wisata lain seperti, Jam Gadang di Bukittinggi, Danau Singkarak di Solok dan Tanah Datar, serta Danau Maninjau di Agam.

Anda cukup menyewa perahu motor dari TPI Carocok sebesar Rp400.000, sudah puas bisa menikmati keindahan Pulau Mandeh sepuasnya berikut keliling sejumlah pulau yang ada dekat kawasan objek wisata Mandeh.

Isfildi mengatakan, banyak pintu masuk menuju Mandeh. Pengunjung bisa berangkat dari Pelabuhan Telkuk Bayur Kota Padang, Pantai Carocok Painan dan Tempat Pelelalangan Ikan (TPI) Carocok, Tarusan.

Nelayan pemilik Perahu motor Zalman Judan
Nelayan pemilik Perahu motor Zalman Judan

Wisatawan yang hendak berangkat dari Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang, hanya butuh waktu 1,5 jam dengan menggunakan perahu motor. Sedangkan dari TPI, Carocok Tarusan, hanya sekitar 20 menit.

Sebelum sampai, pengunjung dapat menikmati sejumlah pulau yang layak untuk disinggahi seperti pulau Setan dan Pulau Cubadak.

Jadi, mau apa lagi, tidak ada ruginya mengisi akhir pekan ke Mandeh. Juga belum lengkap rasanya kalau belum singgah di objek wisata yang menyimpan anekaragam pesona di kawasan itu. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.