Kamis, 25 April 24

Obama Sebut Indonesia Mitra Penting AS

Obama Sebut Indonesia Mitra Penting AS

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Barrack Obama mengakui bahwa kemitraan Amerika Serikat dengan Indonesia bukan hanya penting bagi AS, tapi juga dunia. Mengingat Indonesia memiliki penduduk Islam yang terbesar di dunia dan memainkan peran penting di Asia Tenggara.

“Dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia dan memiliki toleransi dan sikap moderat,” ujar Obama usai bertemu Presiden Jokowi di AS seperti disampaikan melalui siaran pers Tim Komunikasi Presiden, Selasa (27/10/2015).

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan dua kepala negara itu adalah perdagangan, hubungan kerjasama dua negara. Dalam pembahasan isu global, Obama mengapresiasi peran Indonesia,‎ baik di Asia Tenggara maupun global. Di bidang kerjasama keamanan, Obama menyampaikan pentingnya peningkatan organisasi dan pentingnya Asia Timur.

“Indonesia merupakan pemimpin dalam hal ini,” kata Obama.

Kunjungan Presiden Jokowi diakui Obama sebagai peluang  yang lebih baik untuk mengingatkan tentang hubungan yang kuat antara dua negara demokrasi yang terbesar di dunia.‎‎ Sementara Presiden Jokowi sepakat memperkuat dan memperluas kerjasama dengan Amerika Serikat.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi terbesar di dunia dalam ekonomi digital dan telah menetapkan ekonomi digital menjadi salah satu prioritas utama pengembangan ekonomi Indonesia ke depan.

“Saya mengajak Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam hal ekonomi digital,” ucap Jokowi.

Presiden juga menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia adalah ekonomi terbuka, dimana Indonesia memiliki penduduk 250 juta penduduk. “Indonesia adalah Ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia bermaksud untuk bergabung dalam Trans Pacific Partnership (TPP),” katanya.

Dalam pertemuan itu ‎Presiden Jokowi juga berdiskusi tentang perubahan iklim dengan Presiden Obama dan diakui bahwa Indonesia tengah menghadapi tantangan besar saat ini, yakni kebakaran lahan gambut. Kedua negara sepakat bekerjasama dalam mengatasi masalah perubahan iklim demi masa depan generasi mendatang.

“‎Indonesia menyambut baik strategic partnership yang menunjukkan telah timbul kerjasama yang baik antara Indonesia dan Amerika Serikat,” lanjut Jokowi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.