Minggu, 3 Maret 24

Nyaris Putus Asah, Ayam Ternaknya Dicolong Maling

Nyaris Putus Asah, Ayam Ternaknya Dicolong Maling

Timika, Obsessionnews РSuka duka banyak dialami Pontius Kelanangame saat awal mula merintis pekerjaan sebagai peternak ayam petelur. Ada kisah manis, ada pula kisah pahit hingga membuatnya nyaris putus asah dan berhenti melanjutkan usaha di bidang peternakan itu.

Pontius adalah warga Distrik Kawala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua. Di tempat tinggalnya itu sering terjadi perang suku. Suatu ketika terjadi perang suku dia kehilangan 68 ekor ayam piraan, entah siapa yang menyolongnya.

“Tapi saya tidak pernah putus asah, saya anggap itu sebagai batu loncatan, walaupun saat itu saya geser (mengungsi),” ujar dia kepada wartawan, Selasa (17/3/2015).

Pontius memulai usahanya sejak tahun 2012. Sebelum akhirnya berkembang, dia membuka kandang sendiri di rumah miliknya. Usahanya pun maju hingga ia mendapat bantuan dari Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).

“Kita dapat bantuan dari LPMAK karena mereka melihat kami punya niat. Dari hasil pertama, kami dapatkan Rp 70 juta,” katanya.

Hingga tahun ini ayam piaraan miliknya sudah sebanyak 3241 ekor. Maka tak muluk-muluk target penghasilan tahun ini, Pontius mematok angka realistis yakni Rp 500 juta.

Tidak hanya itu Pontius bahkan membuka kandang baru, jadi dua kadang miliknya. Karena usahanya sudah berkembang, kini dia berharap dukungan pendampingan agar dia bisa mengatur menejemen keuangan dan administrasi perusahaannya.

“Kita minta pendampingan untuk belajar, untuk memahami, manajemen, dan keuangan supaya bisa maju dan save manajemen,” tutur dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.