Jumat, 19 April 24

Nutrican Salah Satu Pendukung Nutrisi bagi Pejuang Kanker

Nutrican Salah Satu Pendukung Nutrisi bagi Pejuang Kanker
* Dari kiri ke kanan: Mulia Lie, Pharmaceutical Director PT Kalbe Farma Tbk; dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi; dr. Selvinna; dan Shahnaz Haque pada acara Media Gathering di Jakarta (25/2/2021). (Foto: Kalbe Farma)

Di sisi lain pasien harus tetap mendapatkan nutrisi yang baik selama menjalani perawatan. Nutrisi yang tepat menjadi penting karena bisa mempertahankan berat badan, mencegah komplikasi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh akan menentukan tindakan selanjutnya dalam penanganan kanker. Selama pengobatan mulut penderita mungkin menjadi pahit atau penuh sariawan, sehingga menyulitkan untuk menelan makanan padat. Salah satu cara untuk menjaga asupan nutrisi adalah dengan mengonsumsi makanan berbentuk cair.

“Kesulitan mengonsumsi nutrisi padat bisa diganti dengan nutrisi cair sebagai pelengkap maupun pengganti sebelum, selama, maupun sesudah menjalani terapi,” ujar Dedyanto.

Ia menambahkan, dukungan nutrisi yang tepat akan mengoptimalkan terapi kanker pada pasien.

Shahnaz Haque, survivor kanker, mengamini apa yang dikatakan oleh. Dedyanto. Ia menjelaskan, selama menjalani perawatan, nafsu makannya turun drastis dan berakibat pada turunnya berat badan dan daya tahan tubuh. Ia kemudian bertekad untuk mengalahkan kanker dan mulai menjalani saran-saran dokter, salah satunya dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat.

Saat ini Shahnaz dikenal sebagai salah satu survivor yang kerap mengedukasi publik terkait kanker. Ia juga berbagi pengalaman selama menjalani terapi sebagai penyemangat bagi pejuang kanker yang sedang menjalani terapi.

“Saya adalah seorang survivor dan saya ingin menjadi inspirasi bagi para pejuang kanker lain di Indonesia,” tegas Shahnaz.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.