Senin, 19 April 21

Nutrican Salah Satu Pendukung Nutrisi bagi Pejuang Kanker

Nutrican Salah Satu Pendukung Nutrisi bagi Pejuang Kanker
* Dari kiri ke kanan: Mulia Lie, Pharmaceutical Director PT Kalbe Farma Tbk; dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi; dr. Selvinna; dan Shahnaz Haque pada acara Media Gathering di Jakarta (25/2/2021). (Foto: Kalbe Farma)

Jakarta, obsessionnews.com –  PT Kalbe Farma Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesehatan masyarakat, khususnya terhadap pejuang kanker di Indonesia. Salah satunya melalui layanan Kalbe Oncology Total Solution atau One Onco. One Onco adalah layanan onkologi terintegrasi yang memberikan solusi komprehensif bagi pasien kanker melalui layanan diagnostik terpadu, terapi pengobatan hingga komunitas. Layanan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dan keluarganya.

Kanker dikenal sebagai penyebab kematian ketiga terbanyak di Indonesia setelah jantung dan stroke, dan penyebab kematian kedua terbanyak di dunia. Pada tahap awal perkembangannya, kanker tidak menimbulkan gejala dan biasanya baru terdeteksi saat telah mencapai stadium lanjut. Ini menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat kematian akibat kanker.

Dari tahun ke tahun jumlah penderita kanker di Indonesia terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2013 disebutkan jumlah penderita kanker di Indonesia berada pada angka 1,4 per 1.000 penduduk, dan jumlah tersebut naik menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

“Pada saat awal perkembangan, kanker tidak menimbulkan gejala sehingga banyak pasien kanker yang tidak menyadari. Bila dikenali sejak awal, kanker besar kemungkinan bisa dikendalikan,” ujar dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi pada acara Media Gathering di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Dari kiri ke kanan: dr. Selvinna; Mulia Lie, Pharmaceutical Director PT Kalbe Farma Tbk; Shahnaz Haque; dan dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi; pada acara Media Gathering di Jakarta (25/2/2021). (Foto: Kalbe Farma)

Secara umum penanganan kanker terbagi menjadi pengobatan lokal dan pengobatan sistemik. Pengobatan lokal meliputi operasi dan radiasi, sedangkan pengobatan sistemik mencakup kemoterapi, terapi target, dan imunoterapi. Selama menjalani pengobatan pasien umumnya mengalami beberapa efek samping, misalnya kesulitan makan baik karena pengobatan yang dijalani maupun hilangnya nafsu makan.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.