Rabu, 12 Agustus 20

Nusron Wahid Segera Lakukan Perubahan di BNP2TKI

Nusron Wahid Segera Lakukan Perubahan di BNP2TKI

Jakarta – Politisi Partai Golkar pro Jokowi-JK, Nusron Wahid, resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Ada dua hal penting yang menjadi fokus penanganan Nusron saat memimpin lembaga tersebut.

“Pertama kita akan memperkuat fungsi perlindungan dengan membuat sistem deteksi dini,” tegas Nusron usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Selama ini sebut Nusron, sistem deteksi dini tidak ada sehingga petugas selalu terkopoh-kopoh lalu kaget kalau muncul kasus TKI bermasalah, padahal menurut dia sesungguhnya masalah itu bisa dideteksi jauh-jauh hari.

“Bagaimana kita bisa mendeteksi secara dini tentang nasib TKI diluar negeri itu seperti apa, apakah dia dalam kondisi sehat atau tidak, apakah dia dalam kondisi produktif atau tidak, atau gajinya dibayar utuh atau tidak,” tandas Ketua Umum GP Ansor ini.

Langkah kedua, lanjut Nusron, dirinya sebagai Kepala BNP2TKI nanti akan melakukan perubahan model bisnis dalam konteks penempatan TKI di negara yang dituju.

“Saat ini sama-sama kita ketahui TKI yang mau berangkat itu nasibnya kasihan. Untuk berangkat itu harus datang ke 22 loket dan membutuhkan waktu yang panjang serta biaya yang tinggi,” ungkapnya.

Ke depan, Ketua Umum GP Ansor itu menginginkan supaya proses keberangkatan TKI ke luar negeri bisa melalui tahapan yang gampang dengan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

“Gajinya juga bisa gede, lancar kirimannya ke kampung, syukur-syukur pulang itu orangnya gemuk-gemuk tapi gemuk bukan karena hamil gitu loh,” tutur anggota DPR tersebut. (Has)

 

Related posts