Minggu, 24 Maret 19

NU Expo 2019 Dapat Apresiasi Positif

NU Expo 2019 Dapat Apresiasi Positif
* NU Expo 2019. (foto: NUonline)

Jakarta, Obsessionnews.com Nahdlatul Ulama (NU) Expo telah digelar di Taman Kota Lapangan Bhakti, Kota Banjar, Ciamis, Jawa Barat, pada (27/2/2019).

NU Expo 2019 ini merupakan event pameran produk produk UKM warga NU, yang digelar beriringan dengan penyelenggaraan Munas Alim Ulama NU 2019, di kota yang sama.

Dari rilis yang diterima obsessionnews.com, Minggu (3/3) Kyai Said Aqil Siradj mengatakan, NU akan terus berjuang agar ada peluang tambahan penghasilan bagi umat. Di sinilah pentingnya sinergi antara pelaku usaha, pemerintah dan umat.

“Saling berbagi kesempatan supaya sama sama maju. Program pomdes semacam ini adalah hasil sinergi itu,” ungkap Said Aqil.

Di kesempatan yang sama, hadir juga Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar, yang pada kesempatan itu menandatangani plakat soft launching program Pomdes.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini menyampaikan apresiasi yang positif atas program ini.

“Saya sebagai Pimpinan MPR dan warga NU tentu senang dengan program ini. Bisa nambah penghasilan warga, bisa bantu program ketahanan energi pemerintah, bisa sediakan bensin sampai ke desa-desa,” ujarnya.

Dia menambahkan, apalagi tanpa modal karena dibiayai KUR 7%, mesin disiapkan perusahaan, ini sangat memudahkan. Tinggal manajemen dan pengawasannya ditata agar tetap kredibel dan menguntungkan.

“Insya Allah dunia dapat, akhirat lancar karena sudah bantu orang banyak,” tutur Cak Imin.

Stand Pomdes ini semakin semarak dengan kehadiran Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin. Mantan ketua umum MUI ini juga menandatangani plakat soft launching Pomdes ini.

Dia mengatakan, warga NU harus diberdayakan ekonominya. Umumnya kan menengah ke bawah. Berikan mereka peluang-peluang usaha yang sederhana namun menguntungkan dan berkelanjutan.

“Contohnya ya Pomdes ini. Kalau ditata yang baik, saya yakin akan cepat berkembang di kalangan umat di bawah. Ayolah kita ciptakan wirausahawan baru dari desa,” katanya.

Untuk diketahui, Program Pomdes adalah sebuah inisiatif ekonomi ekosistem berbasis desa. Warga desa diberi peluang usaha dengan fasilitas kredit usaha untuk menjadi retailer BBM, elpiji, pulsa, sembako dan e-commerce untuk memasarkan produk unggulan desa.

Pomdes adalah inisiatif dari PT Octa Citra Rajawali yang didukung oleh  Bank Jawa Barat (BJB), PT. Jabar Energi dan Himpunan Pengusaha Nadhliyin (HPN).

Mekanisme pengawasan dan pengecekan  nanti akan dilakukan secara digital. Menggunakan metode PPOB (Payment Point Online Bank), maka pembayaran dapat dipusatkan di satu tempat, layaknya bank. Untuk equippment-nya, tiap pemilik Pomdes akan dibagikan satu persatu. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.