Minggu, 26 Juni 22

NTT Akan Kembali Gelar Parade 1.001 Kuda Sandelwood

NTT Akan Kembali Gelar Parade 1.001 Kuda Sandelwood
* Parade 1.001 Kuda Sandelwood akan dihelat di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 5-12 Juli 2018. (Foto: Kementerian Pariwisata)

Sumba Timur, Obsessionnews.com – Sebentar lagi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal menyedot perhatian wisatawan mancanegara (wisman). Hal ini terkait akan digelarnya parade kuda yang yang dipadukan dengan budaya yang dikemas dengan judul Parade 1.001 Kuda Sandelwood pada 5-12 Juli 2018. Tradisi yang menjadi even tahunan NTT ini memang selalu ditunggu wisman.

Parade kuda ini unik dan khas dan hanya ada di NTT. Parade Kuda ini akan dipadukan dengan Festival Tenun Ikat yang akan dihadiri penenun se-NTT. Ada budaya unik yang ditampilkan di even ini.

Parade 1.001 Kuda Sandelwood akan berlangsung 5-12 Juli di empat kabupaten se Pulau Sumba. Dimulai di Sumba Barat Daya 5-6 Juli, kemudian Sumba Barat pada 7-8 Juli, dan Sumba Tengah 9-10 Juli. Kabupaten Sumba Timur akan menjadi tuan rumah final, 11-12 Juli nanti.

“Dalam parade kuda itu para peserta akan menginap semalam di setiap kabupaten. Sedangkan untuk festival tenun ikat akan berlangsung di Tambolaka, Sumba Barat Daya,” sini,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu, seperti dikutip Obsessionnews.com dari laman Facebook Kementerian Pariwisata.

Marius menjelaskan, kuda-kuda yang ikut serta dalam parade akan dihias dengan berbagai pernak-pernik. Kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok. Selain itu, para joki juga diharuskan berpakaian adat.

“Nantinya, juri akan menilai masing-masing kelompok berdasarkan beberapa kriteria, seperti penampilan serta keterampilan mengatur dan mengendalikan kuda-kudanya,” terangnya.

Selain itu, panitia parade juga sudah menyiapkan kuda untuk ditunggangi wisatawan yang hadir untuk menikmati atraksi wisata berkuda ke destinasi-destinasi yang ada di Sumba. Selain itu, Festival Tenun Ikat Sumba 2018 juga akan ditawarkan kepada wisatawan mancanegara.

“Dalam kegiatan festival tenun, ada fashion show dari empat kabupaten dengan masing-masing tenun ikatnya. Wisatawan tidak dikenakan biaya jika ingin menikmati Festival Tenun Ikat Sumba ini. Wisatawan juga bisa menikmati atraksi tarian kolosal khas Sumba,” tukasnya.

Penanggung jawab Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengapresiasi dan menyampaikan harapannya terkait kegiatan Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba ini.

“Kita kaya akan destinasi dan tempat menarik di daerah seperti bahari dan budaya. Saya berharap kedua agenda besar itu menjadi branding baru. Bisa memperkuat branding pariwisata yang telah ada, seperti Pasola, peninggalan megalitik, budaya marapu dan savana,” kata Esthy.

Sementara itu Menteri Pariwisata  Arief Yahya ikut menyimak even pariwisata yang akan digelar di NTT tersebut. Arief mengaku bangga jika di daerah memiliki banyak even untuk mempromosikan wisata asalnya kepada dunia.

Yang jadi catatan Arief even yang digelar bukan asal-asalan. Namun harus tersusun rapi. Sudah dipromosikan jauh-jauh hari dan digarap benar-benar sesuai jadwal. Ia memberikan contoh Solo dan Banyuwangi yang memiliki even-even terbaik.

“Saya berikan contoh kabupaten yang memiliki even terbaik, yaitu Solo dan Banyuwangi. Mereka membuat calender of event, yang berani mereka luncurkan dalam kurun waktu setahun sebelumnya, dan itu fixed schedule,” tandasnya.

Arief memang selalu mengingatkan kepada para kepala dinas pariwisata di tanah air, agar calender of events itu jangan sampai batal, mundur atau maju dari yang sudah dijadwalkan. Karena travellers itu melakukan searching, booking sampai payment itu berbeda-beda waktunya. (arh)

 

Baca Juga:

Waroeng Kemarang yang Keren Dukung Pariwisata Banyuwangi

Ridwan Hisjam Optimis Sektor Pariwisata Indonesia Terus Meningkat

Hasanah Halal Travel Fair, Upaya BNI Syariah Populerkan Pariwisata Indonesia

Ridwan Hisjam: Pariwisata Malang Berani Bersaing dengan Negara Luar

Best Achiever In Ministry Arief Yahya (Menteri Pariwisata RI)

Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Cilegon Saat Libur Lebaran

Tiap Hari Sekitar 100 Ribu Wisatawan Kunjungi Makam Sunan Ampel

Wisata Bahari Targetkan 4 Juta Wisatawan

5 Tempat Wisata di Hongkong Wajib Diserbu untuk Musim Panas yang Ceria

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.