Sabtu, 21 Mei 22

Novanto Tunjuk Idrus Kaji Ambang Batas Parlemen

Novanto Tunjuk Idrus Kaji Ambang Batas Parlemen

Jakarta, Obsessionnews.com – Partai Golkar pada dasarnya setuju ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dinaikan. Namun, jumlah maksimalnya masih diperlukan kajian. Ketua Umum Golkar Setya Novanto menunjuk Sekjen Golkar‎ Idrus Marham untuk melakukan kajian.

“Kami tunjuk pak Idrus Marham (Sekretaris Jenderal Partai Golkar) untuk mengkaji untuk threshold,” ujar Novanto di gedung BPK, Jakarta, (25/7/2016).

Novanto menyatakan, Golkar akan mendukung wacana itu, untuk menghormati keinginan masyarakat dan partai politik. Hanya saja, ia menyebut ada perlu kajian yang mendalam.

“Ya kami antara 5 sama 7 (persen) kami lihat nanti,” jelasnya.

Usulan Menaikan ambang batas parlemen pertama disampaikan oleh Ketua Nasdem Surya Paloh. Ia menginginkan menginginkan ambang batas parlemen pada Pemilu 2019 ditingkatkan dari 3,5 persen menjadi 7 persen.

Tujuannya, untuk menghindari sistem multi partai yang terlalu banyak sehingga demokrasi tidak berjalan efektif karena terlalu banyak pilihan. ‎Usulan itu disambut baik oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Ia justru mengusulkan naik 9 persen. Sementara PAN dan PKS menolak. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.