Jumat, 6 Desember 19

Nirwana Tersembunyi Pantai Serenting

Nirwana Tersembunyi Pantai Serenting
* Pantai Serenting, Nusa Tenggara Barat, menawarkan panorama yang mengagumkan untuk dijelajahi. (Foto: Dok. OMG)

Berbagai potensi wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat, mulai dilirik wisatawan setelah wilayah tersebut ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Banyak turis mancanegara saat ini sudah menyadari, bahwa Lombok bagian selatan memiliki berderet pantai indah. Sebagian yang sudah terkenal di antaranya adalah Pantai Kuta Mandalika dan Tanjung Aan. Namun, masih ada pantai menawan lainnya yang belum banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Serenting.

Pantai Serenting menawarkan panorama yang mengagumkan untuk dijelajahi. Berada tidak jauh dari Pantai Seger yang lebih populer, Serenting terletak sekitar 51 km dari Mataram. Kita bisa mencapai pantai dalam waktu sekitar 1-1,5 jam berkendara dari kota. Keberadaannya yang belum banyak diketahui orang membuat kawasan ini tidak terlalu ramai. Anak-anak dapat bermain dengan bebas di tempat ini.

Air laut berwarna biru dan ombak yang cukup besar membuat Pantai Serenting cocok untuk surfing atau kegiatan tamasya keluarga. Tidak ingin melakukan aktivitas yang menguras tenaga, cobalah berjalan tanpa alas kaki melintasi garis pantai. Nikmati tekstur pasir putih yang lembut sambil menyaksikan pemandangan laut yang indah.

Jangan sia-siakan suasana dengan pancaran mentari sambil berjemur karena tidak banyak orang berkeliaran.

Jika sudah merasa bosan, kita juga bisa menikmati pemandangan pantai dengan mendaki bukit dari Pantai Seger untuk melihat Serenting dari atas.

Sebelum seramai seperti sekarang, Serenting awalnya hanya semak-semak dan tanah kosong saja. Seiring dengan semakin populernya pariwisata Lombok, penduduk setempat berusaha memperkenalkan tempat-tempat wisata baru. Untuk menunjang pariwisata beberapa fasilitas, seperti toilet dan mushola pun dibangun. Ada pula penduduk yang membuka toko, restoran kecil, dan homestay untuk menampung wisatawan selama berkunjung di Serenting.

Pantai Serenting tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu tempat favorit para pelancong untuk menghabiskan hari libur mereka.

Selain pantai dan bukit, kita bisa melihat tengkong yang berarti jamur dalam bahasa Sasak. Ikon Pantai Serenting yang terletak di tengah laut ini sebenarnya adalah sebuah batu yang bentuknya mirip jamur.

Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Seger, membuat Serenting ramai pengunjung ketika diadakan Festival Bau Nyale. Diadakan setiap tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak atau lima hari setelah bulan purnama, festival diadakan untuk memperingati pengorbanan Putri Mandalika. Menurut legenda, sang putri terjun ke laut untuk menghindari terjadinya peperangan.

Ritual berburu nyale, yang hanya muncul setahun sekali, ini diyakini berkaitan pula dengan keberuntungan. Ada yang menikmati tangkapan nyale bersama-sama di tepi pantai. Sisa nyale yang tidak dimakan biasanya ditaburkan di sawah agar panen tahun depan kian berlimpah. Temukan inspirasi wisata di Mandalika melalui pesona.travel agar liburan Anda semakin berkesan. (Nur A)

Related posts

1 Comment

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.