Sabtu, 20 April 24

Nilai Perdagangan RI-Polandia Ditargetkan Dua Kali Lipat

Nilai Perdagangan RI-Polandia Ditargetkan Dua Kali Lipat
* Rizal Ramli.

Warsawa, Obsessionnews – Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memaparkan, nilai perdagangan RI-Polandia saat ini sebesar 1 milliar dolar AS, dan dalam waktu mendatang ditargetkan dapat meningkat 2 kali lipat, dimana Polandia tidak menggunakan mata uang Euro sehingga akan lebih murah dari sisi perhitungan perdagangan.

Hal ini disampaikan Rizal RamlI sebagai Speech pada forum ASEAN Economic Community (AEC) the new common market in Asia di Kementerian Pembangunan Republik Polandia, Warsawa, Selasa (8/12/15).

“Negara anggota ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Economic Community memiliki potensi pasar sebesar menurut Menko Rizal Ramli, tidak mudahnya pembentukan awal dari ASEAN Economic Community ini, dimana dimulai dengan kebijakan bersama penurunan tarif diantara Negara ASEAN, dan perubahan besar yang dijalankan yakni mengurangi biaya produksi dan menjadikan produksi barang di ASEAN menjadi kompetitif,” paparnya.

Rizal Ramli menegaskan, terobosan lainnya di tingkat Negara ASEAN yakni pada KTT ASEAN beberapa waktu lalu di Kuala Lumpur, telah disepakati untuk koordinasi pada sektor pariwisata dan harmonisasi standarisasi perdagangan ASEAN, hal ini  terlihat simpel namun sangat penting.

“Contoh implementasi kerjasama di lingkup ASEAN dibentuknya Palm Oil Council antara Indonesia dan Malaysia yang menguasai 80% pangsa pasar minyak sawit dunia,” tandas Mantan Menko Perekonomia era Presiden Gus Dur ini.

“Organisasi dibentuk untuk menetapkan standarisasi, serta meningkatkan kesejahteraan petani sawit di Indonesia dan Malaysia, Dewan ini dibentuk dalam waktu 2 bulan saja,  sebagai bukti inovatif dan efektifnya kerjasama diantara Negara ASEAN,” tambahnya.

Pada speech pembukaan forum ASEAN Economic Community ini Deputy Prime Minister of The Development of The Republic of Poland, HE. Mr. Mateusz Morawecki menyampaikan bahwa Polandia menawarkan diri  sebagai hub perdagangan Negara-negara ASEAN ke Uni Eropa khususnya Eropa Timur, dengan harga yang lebih murah dan produksi yang lebih baik dari negara Eropa lainnya, Polandia disebutkan sangat menjanjikan. Tahun depan akan dibangun Badan Ekspor Polandia, yang akan mendukung eksportir Polandia, dimana Minister Mateusz menjanjikan ke negara-negara ASEAN akan didatangkan para investor besar Polandia untuk berinvestasi di wilayah ASEAN.

Sementara Duta Besar RI untuk Polandia sekaligus merangkap Ketua Komite ASEAN di Warsawa, Dubes Pieter Gontha, menyampaikan ASEAN dengan satu pintu, memiliki kekuatan dan potensi yang besar, salah satu contoh kekuatan kerjasama tersebut yang telah berjalan yakni pembentukan Dewan Kelapa Sawit (Palm Oil Council). Negara-negara ASEAN juga harus belajar dari pengalaman Uni Eropa dalam menjalankan kerja sama perdagangan, sebagai ketua ASEAN di Polandia, Dubes Pieter Gontha akan mengkoordinasikan hal tersebut. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.