Kamis, 25 April 24

Nikmati Masakan Khas Daerah di Sutasoma Rooftop Selama Bulan Ramadan

Nikmati Masakan Khas Daerah di Sutasoma Rooftop Selama Bulan Ramadan
* Pembukaan Quba in Ramadan Pop Up Resto 2021, di Rooftop Sutasoma, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021). (Foto: Kapoy/obsessionnews.com)

Jakarta, obsessionnews.comPemerintah melarang masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2021, seperti yang diterapkan pada Idul Fitri 2020. Larangan mudik tersebut akan diterapkan pada 6-17 Mei 2021. Hal itu untuk mencegah kembali melonjaknya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Kalau mendengar pernyataan pemerintah soal larangan mudik lebaran tahun ini sangat sedih ya. Pasalnya masyarakat yang rindu akan kampung halaman untuk merayakan lebaran di kampung tak bisa kesampaian.

Namun Anda jangan putus asa. Sebab Anda tetap bisa mendapat sensasi pulang kampung lewat makanan khas yang disajikan di Quba Pop Up Resto selama Ramadan di Sutasoma Rooftop lantai 8, Hotel Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Selama bulan Ramadan, restoran ini bisa jadi jawaban bagi Anda yang rindu kampung halaman dan tidak bisa mudik selama 2 tahun terakhir ini. Di sini Anda bisa mencicipi aneka masakan daerah Indonesia dengan citarasa yang khas.

“Makanan Indonesia, supaya benar-benar merasa ini benar-benar di kampungnya,” ujar General Manager Sutasoma Hotel at Complex The Tribrata Darmawangsa Ferri Irawan saat pembukaan Quba in Ramadan Pop Up Resto 2021, di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021).

Restoran di Rooftop Sutasoma Hotel lantai 8 ini terbuka untuk umum, bukan hanya untuk tamu yang menginap di hotel saja.

Mengingat pada hari biasa restoran berkonsep Pop Up ini tidak digelar, maka pihak Quba ingin maksimal menyambut tamu yang datang selama satu bulan di Ramadan lewat kualitas makanan yang tidak asal-asalan.

“Kita setiap harinya menyiapkan 25 sampai 30 menu berbeda, dari mulai kolak, sup appartizer, main course, dessert semua disajikan ala-ala kampung,” tutur Ferri.

Pembukaan Quba in Ramadan Pop Up Resto 2021 ini diwarnai dengan tradisi Betawi, yakni Palang Pintu. Para seniman dan Jawara Betawi saling melempar pantun, hingga menampilkan atraksi Silat Betawi, yang dilakukan para Pendekar Betawi.

Setelah itu, para pengunjung dipersilahkan menyatap hidangan masakan khas daerah yang ada di Indonesia, sembari diiringi musik Gambus dan Tarian Sufi.

Penari berbaju terusan dengan rok lebar terlihat asyik berputar-putar pelan tapi pasti tanpa henti di tengah-tengah para pengunjung yang sedang menikmat santapan makanan yang disediakan oleh restoran tersebut.

Mau tahu apa saja sih menu yang akan disajikan pada bulan Ramadan tahun ini di Restoran Rooftop Sutasoma, Hotel Tribrata lantai 8 itu? Berikut sedikit ulasan beberapa menu makanan khas daerah yang nantinya bakal disajikan untuk pengunjung restoran tersebut.

  1. Mie Kocok Bandung

Nama mie kocok sendiri berasal dari cara pembuatannya. Ketika diangkat dari wadah, mie dikocok berkali-kali. Tujuannya adalah agar mie matang merata. Sekilas, hidangan ini terlihat seperti mie bakso pada umumnya. Tapi, kuah pada mie kocok lebih kental dari kuah mie bakso. Selain mie kuning, mie kocok juga dilengkapi tauge dan irisan kaki sapi.

Jadi, akan ada tekstur empuk dan kenyal ketika menyantapnya. Selain kaki sapi, anda juga bisa mengganti dengan bahan makanan lain. Contohnya adalah babat, ceker ayam, atau irisan daging sapi.

  1. Mie Ayam Darmawangsa

Mie ayam merupakan makanan favorit orang Indonesia karena rasanya gurih enak. Walaupun memiliki rasa yang ringan, namun mie ayam sangat nikmat saat disantap. Seperti mie ayam yang terdapat di Sutasoma Rooftop ini.

Mie yang digunakan pada mie ayam ada berbagai macam, yaitu mie kecil dan ada juga yang tebal. Namun tetap teksturnya kenyal. Warnanya mienya pun kuning pucat. Mie ayam disajikan bersama daun bawang cincang, ayam berbumbu kecap, rebusan sawi, dan disiram kuah bening yang gurih saat menyeruputnya.

Ketika mie di restoran Sutasoma Rooftop ini masuk ke dalam mulut, lembut kenyal mienya terasa sekali. Apalagi di barangi dengan toping yang ada di mie tersebut, rasa gurih dan nikmat membuat Anda berasa menyantap mie ayam di kampung halaman.

  1. Bakwan Malang

Makanan khas daerah yang disajikan di Quba Pop Up Resto ini salah satunya Bakwan Malang. Seporsi Bakwan Malang yang ditaruh dalam mangkuk. Ada tahu, somay, bakso goreng, dan kerupuk pangsit. Sebagian permukaan bakso gorengnya menjadi lembek ketika kuah berlandas di permukaan mangkuk. Namun tak mengurangi cita rasanya yang lezat. Sementara bagian pangsitnya tetap renyah dan kress!

Seperti umumnya tahu putih di bakso Malang, bagian tengah tahu berisi siomay yang gurih lembut. Sedangkan tahu putihnya begitu empuk. Enak jadi penyeling isian bakso yang rata-rata gurih. Dengan memakan Bakwan Malang ala restoran tersebut, berasa kita makan di kampung halaman di suasana lebaran.

  1. Nasi Goreng

Nasi Goreng yang ada di Quba Pop Up Resto ini tentu tidak jauh berbeda dengan jenis nasi goreng lainnya. Dari tekstur warnanya yang kecoklatan dicampuran dengan daging, sosis, bakso, dan bawang goreng sangat lezat ketika makanan ini mendarat di lidah para pengunjung.

Menyantap seporsi nasi goreng lembut dan tak terlalu keras di restoran ini berasa menyantap nasi goreng bersama keluarga dan teman-teman dekat di kampung halaman. So, jika Anda penasaran datanglah ke restoran Sutasoma Rooftop.

  1. Sate

Di Quba Pop Up Resto ini pada bulan puasa tahun ini bakal menyajikan Sate Kambing dan Sate Merangi yang dipadukan oleh bumbu kacang dan sambal kecap dengan irisan cabe dan bawang merah sungguh nikmat. Apalagi ketika kedua sate tersebut mendarat di mulut dan dikunyah, terasa empuk daging satenya, serasa Anda menyantap sate di kampung halaman.

  1. Martabak Telur

Martabak Telur ala Quba Pop Up Resto ini sangat enak dan lezat. Ketika bartabak tersebut masuk ke dalam mulut, terasa kelembutan kulit martabak dan isi telurnya.  Rasa bumbu dari martabak tersebut nikmat tiada tara, seperti membayangkan kita makan martabak telur di pematang sawah di kampung halaman.

  1. Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk Betawi ala Quba Pop Up Resto ini bertekstur tak lengket atau terlihat seperti butiran nasi. Hal ini karena proses memasak beras yang terlebih dahulu diaron dengan beragam rempah-rempah dan kemudian dikukus hingga matang. Hasilnya, rasanya menjadi gurih dan beraroma khas.

Nasi uduk yang dipadukan oleh semur telur ini sangat nikmat dan lezat ketika mendarat di mulut para pengunjung.

  1. Lontong Sayur

Lontong Sayur ala Quba Pop Up Resto ini sama dengan lontong Sayur pada umumnya. Lontong nasi yang dipadukan dengan sayur lontong dan semur telur yang diiris dua menambah tekstur lontong sayur ini terlihat enak.

Apalagi ketika lontong sayur ini masuk ke dalam mulut dan menyentuh lidah para pengunjung rasa gurih, manis sudah pasti ada. Terlebih makan lontong sayur ini makannya diiringi oleh lagu-lagu yang berasal dari negara Timur Tengah.

  1. Nasi Kebuli

Di Quba Pop Up Resto ini juga menyediakan Nasi Kebuli. Nasi yang bentuknya agak Panjang-panjang ini dipadukan dengan daging kambing atau sapi dan rempah-rempah membuat tekstur nasinya terlihat ingin cepat-cepat di santap.

Apalagi ketika nasi ini mendarat di dalam mulut, rasa lezat dan empuk dagingnya tak bisa dihindarkan.

  1. Batagor

Makanan yang satu ini sudah tidajk asing lagi terdengar di telinga kita. Kerupuk pangsit yang renyah dan somay serta tahu berisikan somay ini sangat nikmat jika disantap abus berbuka puasa. Dipadukan oleh bumbu kacang yang kental menambah rasanya yang nikmat tiada tara. Terlebih makannya diiringi musik Gambus ala ke Timur Tengahan.

  1. Otak-otak

Otak-otak merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang umumnya berbahan dasar ikan dibungkus oleh daun pisang. Otak-otak di Quba Pop Up Resto ini rasanya gurih dengan tekstur kenyal dan aroma panggangan yang harum.

Dipadukan dengan bumbu kacang yang kental, membuat makanan ini enak dan nikmat ketika mendarat di lidah para pengunjung. Makanan ini sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

  1. Tahu Gejrot

Tahu gejrot ala Quba Pop Up Resto ini memiliki tekstur yang mirip dengan tahu pong. Tetapi sesungguhnya, tahu yang digunakan di restoran ini menggunakan tahu Sumedang yang tahunya lebih kopong dan rasanya hambar.

Hal ini yang membuat rasa dari kuah tahu gejrot ala Quba Pop Up Resto sangat terasa kuat. Jika Anda ingin kuah tahu tersebut yang pedas, Anda dapat meminta agar cabe yang digunakan lebih banyak. Terlebih aroma bawang merahnya tercium sangat lezat dan nikmat.

  1. Gorengan

Selama bulan Ramadan, Quba Pop Up Resto ini juga menyediakan berbagai gorengan. Dari mulai Combro, Cireng, Tempe Tepung, dan Tahu Isi ada sebagai teman untuk berbuka puasa. Gorengan ala Quba Pop Up Resto ini sangat lembut di mulut ketika Anda menyantapnya.

Apalagi dipadukan dengan bumbu kacangnya yang nikmat dan lezat. Makanan ini sangat cocok untuk menu pemula berbuka puasa.

  1. Kebab

Ternyata Kebab juga menjadi menu utama Quba Pop Up Resto dalam memanjakan pengunjung untuk berbuka puasa. Rasa Kebab di Quba Pop Up Resto ini yang tak kalah dengan kebab buatan restoran Turki.

Pas Kebab ala Quba Pop Up Resto ini mendarat di mulut, terasa lembut daging dan sayurannya dapat memanjakan lidah yang seharian berpuasa, serta membuat Anda untuk kembali lagi untuk menikmatinya.

  1. Asinan Buah

Tak lupa sebagai penutup habis menikmati makanan khas daerah di Indonesia, pengunjung juga disuguhkan dengan asinan buah. Rasa khas asinan yang ada di Quba Pop Up Resto ini terasa kental sekali.

Apalagi saat asinan ini mendarat di mulut, ketika dikunyah terasa empuk dan tak membuat gigi sakit. Selain asinan buah, terdapat juga potongan buah segar sebagai pencuci mulut.

  1. Kue Jajanan Pasar

Selain asinan dan buah segar, di Quba Pop Up Resto juga menyajikan berbagai aneka kue pasar. Ada Lupis, Lapis Legit, kurma dan lain-lainnya.

  1. Kopi

Satu lagi yang tak ketinggalan di Quba Pop Up Resto. Ya, Kopi. Di restoran ini para pengunjung yang gemar dengan kopi dapat menyaksikan kopi pesanannya sendiri. Mulai dari Barista memilih biji kopi sampai penggilingannya dan di seduh sebelum disajikan untuk para pengunjung berbuka puasa.

Jadi, masih banyak lagi menu-menu yang disajikan oleh Quba Pop Up Resto ini sebagai teman para pengunjung yang tak bisa pulang kampung ke daerahnya masing-masing. Untuk mengobati rasa kangen itu, Quba Pop Up Resto akan menyajikan makanan khas daerah Indonesia untuk menemani pengunjung selama bulan Ramadan tahun ini. Pastinya dalam penyajian semua masakan ini menggunakan prokes yang sesuai standar pemerintah(Poy)

Related posts

1 Comment

  1. Pingback: Jelang Ramadhan, Sutasoma Hotel Kembali Hadirkan QUBA Ramadan Pop Up Resto – travel

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.