Senin, 18 Oktober 21

Ngeri! Lava Gunung Berapi di Spanyol Hancurkan Ratusan Rumah

Ngeri! Lava Gunung Berapi di Spanyol Hancurkan Ratusan Rumah
* Gunung Cumbre Vieja meletus sejak Minggu (19/9). (Getty/BBC)

Malapetaka yang mengerikan! Lava Gunung berapi Cumbre Vieja di Kepulauan Canary Spanyol menghancurkan ratusan rumah.

Aliran lava dari letusan gunung berapi di La Palma, Kepulauan Canary, telah melalap kawasan perumahan sehingga memaksa aparat untuk mengevakuasi ribuan penduduk desa.

Evakuasi dilaksanakan sejak lava mulai mengalir dari Gunung Cumbre Vieja, pada Minggu (19/9/2021). Namun, hingga Selasa (21/9), lava masih terus mengalir ke arah laut di wilayah teritori Spanyol tersebut.

Sejauh ini sebanyak lebih dari 6.000 orang telah diungsikan dari kawasan yang dilintasi lava.

Menurut sejumlah pejabat setempat, saat lava mencapai lautan, lava dapat memicu reaksi kimia yang menyebabkan ledakan dan merilis gas beracun.

Dinas kelautan telah menciptakan zona terlarang sejauh dua mil laut di area tempat lava mengalir.

Zona itu diciptakan “untuk mencegah orang-orang menonton dari kapal serta mencegah masyarakat dari dampak gas,” kata ketua dewan Kepulauan Canary, Mariano Hern√°ndez.

Di darat, kepolisian telah menutup kawasan yang dilalui lava serta meminta warga untuk menjauh.

Lava dari arah barat gunung berapi telah menghancurkan semua yang dilaluinya. Pada Selasa (21/09) pagi, lava telah menutupi 103 hektare dan menghancurkan 166 rumah, berdasarkan pemantauan satelit Copernicus milik Uni Eropa.

Kepala desa El Paso, Sergio Rodriguez, mengatakan secara keseluruhan terdapat 300 rumah hancur akibat lava, sebagaimana dikutip stasiun radio Cadena SER.

Tiada korban jiwa dalam rangkaian peristiwa ini, namun tayangan video memperlihatkan bagaimana lava menutupi jalan, lahan pertanian, dan kolam renang di pulau destinasi wisata ini.

Pemerintah daerah setempat sudah memerintahkan penduduk empat desa, termasuk El Paso dan Los Llanos de Aridane, diungsikan ke sejumlah tempat penampungan sementara.

Laura, seorang penduduk setempat, mengatakan kepada stasiun radio Cadena SER bahwa dia dan keluarganya tidak punya waktu untuk bersiap mengungsi.

“Rumah saya tidak terdampak, namun tetangga-tetangga saya kehilangan rumah mereka dan bisnis kecil-kecilan mereka. Ini adalah malapetaka,” cetusnya.

Gunung Cumbre Vieja terletak di bagian selatan Pulau La Palma, yang dihuni sekitar 80.000 orang.

Pulau tersebut merupakan salah satu dari Kepulauan Canary, wilayah Spanyol yang berada di sebelah barat Maroko, Afrika utara.

Gunung itu terakhir meletus 50 tahun lalu. Para ilmuwan belum bisa memastikan berapa lama erupsi terbaru akan berlangsung. (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.