Selasa, 29 September 20

Ngeri! Kecelakaan Pesawat India Terbelah Jadi Dua, 17 Tewas

Ngeri! Kecelakaan Pesawat India Terbelah Jadi Dua, 17 Tewas
* Air India Express terbelah dua. (Foto: Gulfnews.com)

Setidaknya 17 orang tewas termasuk dua orang pilot setelah pesawat maskapai Air India Express yang membawa 190 orang tergelincir di landasan pacu dan terbelah menjadi dua bagian saat mendarat di Bandara Calicut, Negara Bagian Kerala, menurut para pejabat.

Sekitar 100 orang penumpang luka-luka, 15 orang di antaranya serius, kata seorang perwira polisi senior.

Penerbangan itu tengah memulangkan warga India yang terjebak karena krisis virus corona.

Pihak maskapai mengatakan pesawat membawa 184 orang penumpang, termasuk 10 orang anak-anak. Pesawat dari Dubai bernomor penerbangan IX-1344 itu diawaki enam orang, termasuk dua orang pilot.

Pesawat ini diketahui sedang dalam perjalanan mengevakuasi warga India yang terdampar akibat pandemi COVID-19 di selatan Kota Kozhikode pada Sabtu, 8 Agustus 2020 waktu setempat.

Penerbangan Boeing-737 dari Dubai ke Bandara Internasional Calicut membawa 190 penumpang dan awak, dengan 10 di antaranya adalah bayi.

Media setempat melaporkan pesawat jatuh menabrak reruntuhan dengan ketinggian 35 kaki. Kecelakaan ini terjadi saat cuaca tengah hujan lebat dan naasnya, pesawat jatuh hingga membelah pesawat menjadi dua bagian.

“Karena kondisi cuaca, dia tidak bisa mendarat untuk pertama kali, jadi dia melakukan perubahan haluan dan mencoba mendekatinya dari arah yang berbeda,” Menteri Penerbangan Sipil, Hardeep Singh Puri, melansir dari Reuters, Sabtu 8 Agustu 2020.

Beruntungnya, meski terbelah, pesawat tidak mengalami kebakaran sehingga petugas penyelamat dapat mengevakuasi lebih banyak korban selamat. Proses evakuasi turut dipermudah dengan kondisi pesawat yang terbelah dua, sehingga petugas dapat leluasa mengakses seluruh bagian pesawat untuk evakuasi penumpang.

“Kabar baiknya, pesawat itu putus dan kami bisa mengakses penumpang,” tambah Puri.

Saat ini, seluruh proses evakuasi penumpang telah selesai dilakukan. Dia mengatakan operasi penyelamatan telah selesai.

Kecelakaan Terburuk
Pemerintah India menyebut kecelakaan pesawat penumpang ini adalah yang terburuk di India sejak 2010. Sebelumnya, Air India Express keberangkatan dari Dubai mengalami kecelakaan di landasan pacu di Mangalore dan menewaskan 158 orang.

Sebagaimana diketahui, India juga sempat menutup semua perjalanan udara pada akhir Maret lalu dalam rangka menekan laju penularan COVID-19. Hingga akhir-akhir ini otoritas setemapt kembali membuka perjalanan udara internasional yang terbatas.

Air India Express AXB1344 sendiri adalah penerbangan repatriasi yang dioperasikan oleh pemerintah bagi warga India yang terkunci akibat penguncian wilayah akibat pandemi. (*/trenasia/BBC news)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.