Kamis, 26 Mei 22

Ngeri!! Gunung Taal Meletus Keluar Petir Disertai Gempa Bumi

Ngeri!! Gunung Taal Meletus Keluar Petir Disertai Gempa Bumi
* Gunung Taal meletus disertai kilatan petir. (NBC)(

Gunung Taal di Filipina pada Minggu (12/1/2010) malam, meletus dan memuntahkan abu serta awan panas hingga ketinggian 15 km. Yang mengerikan, letusan gunung tersebut disertai gempa bumi dan keluar kilatan petir.

Sebuah gunung berapi di Filipina telah mulai memuntahkan lahar, karena pihak berwenang memperingatkan bahwa “letusan berbahaya” mungkin “dalam beberapa jam atau hari”. Lava gunung ini memuntahkan sebagai ‘letusan berbahaya’ yang ditakuti.

Pada Senin dini hari (13/1), aliran lahar yang lemah mulai merembes keluar dari gunung berapi Taal – yang terletak sekitar 70 km (45 mil) selatan ibukota Manila.

Taal sebelumnya mengeluarkan segumpal besar abu, memicu evakuasi massal 8.000 orang dari daerah tersebut. Terletak di sebuah pulau di tengah danau, itu adalah salah satu gunung berapi terkecil di dunia dan telah mencatat setidaknya 34 letusan dalam 450 tahun terakhir.

Pihak berwenang di provinsi sekitarnya, Batangas, telah menyatakan “keadaan bencana”, menandakan gangguan besar.

Pada hari Minggu, gunung berapi itu memancarkan gumpalan abu raksasa, dengan suara gemuruh dan getaran juga dilaporkan. Kilatan petir keluar bersama muntahan awan panas. Ngeri!

Bahkan, sebanyak 75 gempa bumi telah terjadi di wilayah Taal, dengan 32 dari gempa ini peringkat 2 dan lebih tinggi pada skala intensitas gempa, kata Phivolcs.

“Gunung berapi Taal memasuki periode kerusuhan hebat … yang berkembang menjadi erupsi magmatik pada 02:49 hingga 04:28 … ini ditandai dengan air mancur lava yang lemah disertai dengan guntur dan kilatan petir,” demikian pernyataan Institut Vulkanologi Filipina dan Seismologi (Phivolcs) seperti dilansir BBC, Senin (13/1).

Pihak berwenang juga telah memperingatkan kemungkinan “tsunami vulkanik”, yang dapat dipicu oleh jatuhnya puing setelah letusan, mendorong air dan menghasilkan gelombang. (*/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.