Sabtu, 26 September 20

Newmont dan Blok Mahakam Sudah Diambil Alih, Bagaimana Freeport?

Newmont dan Blok Mahakam Sudah Diambil Alih, Bagaimana Freeport?
* Presiden Jokowi membuka Kongres Ekonomi Umat.

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukurnya akhirnya pemerintah Indonesia mengambil alih PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dan Blok Mahakam, setelah sekian lama berada di tangan pihak asing.

Newmont sebelumnya dikuasai oleh Newmont Mining Corporation asal Amerika Serikat (AS) dan Sumitomo Corporation asal Jepang. Sedangkan Blok Mahakam dikelola oleh Total E&P Indonesia bermitra dengan Inpex Corporation, sebuah perusahaan asal Jepang.

Jokowi sendiri tak menyampaikan akan mengambil alih PT Freeport Indonesia dari tangan Amerika Serikat. PT. Freeport Indonesia adalah sebuah perusahaan pertambangan yang mayoritas sahamnya dimiliki Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc (AS).

“Nah ini satu-satu, jangan langsung diminta semuanya. Ini patut kita syukuri,” ujar Jokowi saat membuka Kongres Ekonomi Umat di Jakarta, Sabtu (22/4/2017).

Total mulai mengelola blok Mahakam sejak tahun 1968 dan bermitra dengan Inpex dengan hak partisipasi masing-masing sebesar 50 persen. Setelah masa kontrak habis di tahun 2017, Pertamina berperan selaku operator baru Blok Mahakam dengan kepemilikan 100 persen.

“Dulunya dimiliki oleh Jepang, pada tahun lalu sudah 100 persen sudah diambil alih oleh pemerintah dan diberikan kepada Pertamina,” kata Jokowi.

Konglomerat Arifin Panigoro pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) mengakuisisi saham PT Amman Mineral Internasional (AMI) yang mengendalikan 82,2 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan nilai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 33,8 triliun pada tahun 2016.

“Ini juga telah diambil alih oleh pengusaha yang pada siang hari ini juga hadir. Diambil alih semuanya yang sebelumnya dimiliki oleh Australia, atas dukungan pemerintah, Pak Arifin juga harus ngerti bahwa itu juga didukung oleh pemerintah,” tukas Jokowi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.