Rabu, 17 April 24

Netty Prasetiyani Minta Pemerintah Harus Galakkan Kembali Imunisasi Polio Nasional

Netty Prasetiyani Minta Pemerintah Harus Galakkan Kembali Imunisasi Polio Nasional
* Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani. (Foto: Humas Fraksi PKS DPR RI)

Obsessionnews.com – Pemerintah diminta menjadikan temuan kasus polio di Aceh sebagai momentum untuk memaksimalkan surveilance acute flaccid paralysis atau pengamatan kasus lumpuh layuh akut.

 

Baca juga: 

Kurniasih Minta Pemerintah Perhatikan Jemaah Umrah agar Tidak Terlantar Karena Langkanya Vaksin Meningitis

Mentan SYL Vaksinasi PMK Perdana di Jawa Tengah

 

 

“Surveilance ini menjadi penting agar kita bisa memastikan ada atau tidaknya kasus serupa yang dialami oleh anak-anak Indonesia di daerah lain,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/11/2022).

Selain itu, ujarnya, pemerintah juga harus menggalakkan kembali imunisasi polio nasional.

“Beberapa tahun terakhir imunisasi anak terhambat dengan adanya pandemi Covid-19. Ditambah lagi dengan beredarnya informasi bohong dan liar seputar risiko imunisasi yang membuat orangtua tidak mau melakukan imunisasi lengkap pada anak,” ujar Wakil Ketua Fraksi PKS DPR ini.

Menurutnya, pemerintah harus menggandeng pihak-pihak potensial untuk mengaktifkan kembali Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat tentang imunisasi.

Wanita asal Jawa Barat ini berharap ada terobosan yang efektif yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“Perilaku hidup sehat seperti menjaga kebersihan, penggunaan jamban sehat, air bersih dan makanan bergizi akan membantu mencegah munculnya polio. Pemerintah harus melibatkan para tokoh masyarakat dan tokoh agama agar kepedulian terhadap pencegahan polio menjadi perhatian besar masyarakat,” tandasnya. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.