Selasa, 4 Agustus 20

‘Ndalemratu’ Hadirkan Paket Wisata Sejarah

‘Ndalemratu’ Hadirkan Paket Wisata Sejarah
* Ndalemratu mempersembahkan tiga produk wisata sejarah dan budaya yang menarik di kawasan Candi Singosari, Malang, Jawa Timur. (foto: Sutanto/obsessionnews.com)

Negara tercinta Indonesia sesungguhnya memiliki kekayaan budaya dan sejarah, di samping wisata alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Namun sayangnya wisata-wisata budaya dan sejarah tersebut kurang mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia sendiri. Sebaliknya, wisatawan mancanegara justru yang lebih mengenal dan menyukai perjalanan wisata sejarah ini. Entah kurang digali atau mungkin minat masyarakat Indonesia itu sendiri yang lebih menyukai wisata-wisata lain yang kekinian, terutama para generasi milenial mungkin menganggap wisata sejarah kurang greget, dan kurang kekinian bagi mereka.

Untuk itu Ndalemratu hadir meramaikan industri pariwisata tanah air. Terletak di kawasan Candi Singosari, Malang, Jawa Timur,  tepatnya di Jalan Kertanegara Barat I No. 9 Singosari, Ndalemratu mempersembahkan tiga produk wisata sejarah dan budaya yang menarik.

Ndalemratu Resto dan Gallery menawarkan makanan khas Kerajaan Singosari, Majapahit dan Kediri, Galeri Batik & pusat kerajinan, serta paket perjalanan wisata sejarah. Paket tersebut bersinergi untuk kembali memperkenalkan sejarah yang kini telah tergerus zaman, serta mengajak generasi milenial untuk turut melestarikan warisan seni dan budaya bangsa yang luhur.

“Melalui Ndalemratu saya ingin kembali memperkenalkan sejarah bangsa Indonesia kepada generasi penerus bangsa. Jangan sampai sejarah dilupakan dan hilang begitu saja tergerus perkembangan zaman. Dan alhamdulillah gayung bersambut karena pemerintah juga mendukung. Sesuai dengan program pemerintah pembangunan infrastruktur yang sudah sampai di Singosari, jadi kami bisa mengembangkan potensi wisatanya,” ungkap Anton Nugroho, owner Ndalemratu,  saat ditemui tim obsessionnews pada acara launching Ndalemratu di Malang, Minggu  (25/8/2019).

Ndalemratu Resto tak hanya menghadirkan menu-menu tradisional yang mengingatkan kita pada kampung halaman. Namun lebih dari itu, Ndalemratu bahkan menghadirkan kembali menu-menu khas Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan Kediri, seperti, Nasi Pecel Kediri, Nasi Kuning Singosari, Nasi Urap, Nasi Lodeh, dan masakan lainnya yang akan membawa Anda kembali ke masa lampau. Tak ketinggalan aneka minuman tradisional yang melengkapi perjalanan wisata kuliner Anda, seperti, Wedang Jahe, Jahe Kelapa, dan lainnya.

Setelah puas berwisata kuliner di Ndalemratu Resto, pengunjung bisa melanjutkan ke joglo belakang atau pringitan, tempat galeri batik yang menyediakan berbagai macam batik dan kerajinan tangan khas nusantara. Busana batik, tas, dompet, sandal batik, dan aneka souvenir yang bisa Anda beli untuk buah tangan.

Memasuki Ndalemratu, Anda akan dibawa ke dalam suasana yang berbeda. Sejak kali pertama kaki melangkah ke dalam bangunan dengan luas tanah 415 meter persegi ini, sungguh sudah terasa kesan njawani yang kuno. Sebuah taman kecil lengkap dengan air mancur dan patung dikelilingi batu bata kuno pada halaman depan, bangunan joglo berdiri kokoh menyambut setiap tamu yang datang.

Bangunan dibagi menjadi tiga bagian, pertama memasuki joglo depan, pengunjung akan disuguhkan rumah makan dengan nuansa ndeso, nuansa njawani khas masa lampau dengan kursi-kursi dan perabotan klasik terpampang apik di tiap sudut resto.

Lanjut ke bagian belakang, ada pringitan dengan bangunan joglo, terpisahkan taman air kecil, bunga padma yang menghiasi kolam berhiaskan ornamen dinding bata dengan patung, suara gemericik air dari kolam menjadikan suasana semakin ndeso, dan syahdu.

Bagian pringitan terdapat galeri dengan suasana klasik dan antik. Terdapat benda-benda antik yang menghiasi, seperti setrika arang zaman dahulu, mesin jahit antik, pajangan dan lemari-lemari kuno hingga ranjang jati kuno terpampang di sudut ruangan.

Kemudian area Sentong di bagian belakang. Masing-masing area tersebut memiliki arti dan fungsi yang khas dan berbeda.

Nah, setelah puas menjelajah Ndalemratu resto dan gallery, pengunjung bisa melakukan perjalanan wisata sejarah melalui Ndalemratu. Melalui paket wisata bersejarah, Ndalemratu mengajak turis untuk menelusuri kembali peninggalan sejarah di periode klasik bangsa Indonesia, dimana hal ini sangat penting bagi bangsa negara Indonesia untuk kembali mengenal dan melestarikan budaya peninggalan Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit.

Candi-candi dan beberapa bentuk peninggalan lain yang masih berdiri tegak adalah bagian dari kehidupan ratusan dan ribuan tahun yang lalu.

Ndalemratu menyediakan pilihan paket wisata one day package dan two days package yang akan mengajak para wisatawan melihat langsung peninggalan kerajaan Singosari, kerajaan majapahit serta Kerajaan Kediri. Meeting point dari kota Malang menuju Singosari, Mojokerto dan Kediri.

Nah, inilah saatnya kita kembali memperkenalkan budaya dan sejarah bangsa Indonesia pada generasi penerus bangsa. Karena kalau bukan kita sendiri, siapa lagi? (Sutanto/Ita)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.