Minggu, 29 Mei 22

Nature Communication Temukan Smartphone Pendeteksi Kanker

Nature Communication Temukan Smartphone Pendeteksi Kanker
* penampakan gadget pendeteksi kanker

Obsessionnews.comBayangkan jika Anda memiliki gadget untuk mendeteksi segala penyakit, khususnya seperti penyakit kanker. Maka tidak perlu ke rumah sakit melalui rangkaian test laboratorium. Kini, seiring perkembangan teknologi, untuk memilikinya sangat mungkin!

Hasil penelitian yang diterbitkan Nature Communication telah menemukan bagaimana sebuah gadget mampu mendeteksi mutasi pada sel DNA. Smartphone ini berupa layar 3D yang dilengkapi dengan dua laser, LED putih, lensa dan filter sehingga bisa menjadi sebuah mikroskop molekul.

Cara menggunakan smartphone ini pertama-tama peneliti mengambil sampel sel pasien, mencampur sel tadi dengan zat kimia, dan menggabungkan molekul fluorescent (bersinar) dengan mutasi gen. Dari penggabungan tersebut, smartphone akan mendeteksi yang menampilkan titik-titik cahaya (glowing tags) yang artinya terdapat sel asam deoksiribonukleat (DNA).

Satu tim peneliti dari UCLA, Stockholm University dan Uppsala University membanderol harga smartphone ini seharga $500 atau sekitar Rp 6,5 juta. Sementara dengan mikroskop canggih dengan teknologi yang sama dijual dengan $50.000 atau Rp 650 juta. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.