Jumat, 28 Januari 22

Naskah Quran Tertua 1.370 Tahun Ditemukan di Inggris

Naskah Quran Tertua 1.370 Tahun Ditemukan di Inggris

Obsessionnews – Tes radiokarbon telah menunjukkan fragmen buku Islam yang dipegang oleh University of Birmingham, Inggris, setidaknya berusia 1.370 tahun. Pecahan Quran tersebut menjadi salah satu tertua di dunia.

Setelah analisis radiokarbon oleh University of Oxford, manuskrip yang ditulis pada dokumen antik itu, dengan akurasi 95 persen tertanggal dari antara tahun 568 dan 645,.

Hasil penempatan kertas mendekati dengan zaman Nabi Muhammad, yang hidup tahun 570 dan 632.

Direktur Koleksi Khusus di Universitas Birmingham Susan Worrall mengatakan, penentuan tanggal radiokarbon telah menyampaikan hasil yang menarik, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman kita tentang salinan paling awal tertulis dari Quran.

“Kami sangat gembira bahwa dokumen sejarah yang penting di sini di Birmingham, kota paling beragam budaya di Inggris,” ujarnya.

Dua Dokumen antik itu merupakan bagian dari Universitas Mingana Koleksi naskah Timur Tengah yang naskahnya ditulis dengan tinta Hijazi, bentuk awal dari bahasa Arab. Mengandung bagian dari Surah (bab) 18 sampai 20.

Selama bertahun-tahun, naskah terikat dengan daun naskah Quran yang sama, yang datanya ke akhir abad ketujuh.

“Ini memang sebuah penemuan menarik, kita tahu sekarang bahwa kedua lembar, di tangan Hijazi yang indah dan mengejutkan dibaca, hampir dipastikan tanggal dari waktu dari tiga khalifah,” terang Kurator Lead Persia dan Turki Naskah di Perpustakaan Inggris Dr Muhammad Isa Waley. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.