Kamis, 25 April 24

Tiga Kali Gempa Kembali Guncang Sumba

Tiga Kali Gempa Kembali Guncang Sumba
* Ilustrasi gempa.

Jakarta, Obsessionnews.com – Gempa kembali mengguncang wilayah Indonesia, kali ini terjadi di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Ada tiga gempa terasa, masing-masing dengan magnitudo 5,2, 5,3, dan 6,0 Skala Richter, Selasa (2/10/2018) pagi

Sesuai laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pukul 07.12 Wita dengan magnitudo 5,2 dan kedalaman 10 kilometer. Episenter gempa terletak pada koordinat 10,56 lintang selatan (LS) dan 120.20 bujur timur (BT), sekitar 66 kilometer barat daya Sumba Timur.

Selanjutnya, gempa kedua terjadi pukul 07.27 Wita dengan magnitudo 5,3 di pada koordinat 10,54 LS dan 120,20 BT arah selatan Kota Waingapu, ibu kota Sumba Timur pada kedalaman 10 km.

Adapun gempa ketiga dengan magnitudo 6,0 terjadi pukul 07.59 Wita kedalaman 10 kilometer pada koordinat 10.57 LS, 120.25 BT, sekitar 66 kilometer barat daya Sumba Timur.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan guncangan gempa ketiga dirasakan IV MMI di Waingapu, ibu kota Sumba Timur.

Sedangkan gempa pertama dilaporkan dirasakan di Waingapu dengan skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI), sementara guncangan gempabumi yang kedua dilaporkan dirasakan di Waingapu dengan skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter pada kedua gempa tersebut, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia menyusup di bawah Lempeng Eurasia,” kata Rahmat Triyono.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Sebelumnya, Senin (1/10) pukul 22.11 Wita, terjadi gempa dengan magnitudo 5,0 di Selat Ombai antara Pulau Timor dan Pulau Alor. Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa juga dirasakan di Alor dan Lembata. Di Alor gempa dirasakan III-MMI dan Lembata II MMI.

Kepala Seksi Data dan Informasi, Stasiun Geofisika Kupang Sumawan mengatakan koordinat 9.06 LS dan 124.12 BT berkedalaman 43 kilometer.

Lokasi terdekat gempa selain Alor ialah Kabupaten Belu, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara. Sedangkan jarak gempa ke Kota Kupang sekitar 136 kilometer. Menurutnya, gempa di Selat Ombai juga aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.