Kamis, 25 April 24

Ribuan Warga Palu Rebutan Hercules untuk Mengungsi

Ribuan Warga Palu Rebutan Hercules untuk Mengungsi
* Warga korban gempa Palu antre naik Pesawat Hercules. (Foto Twitter @TNI_AU)

Jakarta, Obsessionnews.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membenarkan setiap hari ribuan warga berkumpul di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, untuk menaiki pesawat Hercules. Mereka ingin keluar dari Palu untuk mengungsi ke tempat lain karena ketakutan.

“Iya itu mau naik Hercules ada 3.000-5.000 orang tapi sudah beres (masalahnya), Hercules sudah bisa terbang,” ujarnya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Warga pergantian karena pesawat yang disediakan cuman dua. Panglima mengatakan, tidak semua warga bisa diangkut Hercules milik TNI menuju ke Makassar. TNI, tutur dia, hanya memprioritaskan warga yang sakit.

Sementara itu ribuan warga sisanya tak bisa menaiki Hercules dan tetap berada di bandara. Namun TNI kata dia sudah melakukan koordinasi dengan Menteri BUMN. Bandara dianggap warga lebih aman.

“3.000 sampai 5.000 orang itu akan diangkut kapal Pelni. Saya sudah koordinasi dengan Bu Menteri BUMN, Pelni sudah di sana dia diangkat keluar dari Palu,” kata Panglima.

Selain itu, Hadi juga mengaku sudah melaporkan solusi untuk evakuasi warga yang ingin keluar dari Palu kepada Menko Polhukam Wiranto. Rencananya, ia bersama Wiranto akan langsung ke Palu pada Selasa (2/10/2018). (Albar)

 

Baca juga:

Terjadi Kekacauan di Bandara, Hercules Hentikan Sementara Penerbangan ke Palu

Gempa-Tsunami Palu, 1.500 Napi Kabur dari Penjara

Gempa-Tsunami Palu, 1.500 Napi Kabur dari Penjara

MUI Imbau Masyarakat Palu Jangan Menjarah

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.