Rabu, 21 November 18

Mobil Esemka Diizinkan Impor dari Cina

Mobil Esemka Diizinkan Impor dari Cina
* Mobil Esemka.

Jakarta, Obsessionnews.com – Melalui merek Esemka, mimpi rakyat Indonesia memiliki mobil nasional tampaknya akan segera terwujud. Mobil itu dikabarkan segera masuk ke jalur produksi. Bahkan, enam dari delapan model yang didaftarkan ke Kementerian Perindustrian telah lolos uji dan bisa segera dirakit dan dijual secara massal.

Mobil Esemka sendiri memiliki dua pabrik, yakni di Boyolali, Jawa Tengah dan Bogor, Jawa Barat. Belum lama ini, beberapa mobil pikap terlihat berjejer rapi di pabrik Boyolali.Meski demikian, bukan berarti merek asli Indonesia itu bebas dari isu miring. Banyak yang bilang ada kesamaan desain produk dengan kendaraan asal China.

Saat dikonfirmasi ke Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara, ia mengaku bahwa instansinya mendukung pengembangan Esemka dengan cara mempermudah penyediaan komponen.

Komponen itu, kata Ngakan, bisa saja dibuat di dalam negeri atau dihadirkan dalam bentuk impor. Yang penting, katanya, proyek mobnas bisa segera terwujud.

“Memang ada berasal dari sana (China). Berasal dari China atau dari tempat lainnya, itu ok saja, sepanjang itu bisa membantu untuk membangun Esemka di awal-awal,” ujarnya, Kamis (8/11/2018).

Namun, ia berharap tidak selamanya Esemka impor. “Kalau tidak ada kemampuan membuat, kan harus impor. Yang penting, secara bertahap nanti harus dikurangi,” Ngakan menambahkan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.