Jumat, 19 April 24

Jokowi Ungguli Mo Salah Dalam Daftar Muslim Berpengaruh 2019

Jokowi Ungguli Mo Salah Dalam Daftar Muslim Berpengaruh 2019
* Presiden Jokowi menghadiri Harlah Ke-73 Muslimat Nu di GBK, Jakarta. (Foto: nawacita.co)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania baru-baru ini merilis daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019. 

Terdapat sejumlah nama orang Indonesia masuk dalam 50 nama teratas. Mereka adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di urutan ke-16, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj yang ada di urutan ke-20. Pada tahun lalu nama Said Aqil menempati urutan ke-22. Berikutnya ada nama ulama/Ketua Umum MUI Jawa Tengah Habib Luthfi Yahya yang menduduki urutan ke-37. Tahun lalu ia berada di urutan ke-41. 

Dikutip dari situs The Muslim 500, Senin (28/1/2019), disebutkan  posisi Presiden Jokowi bertahan di urutan ke-16 deretan 50 muslim paling berpengaruh sedunia. Nama Jokowi lebih unggul dari Mo Salah. Pesepak bola Mesir yang bermain di Liverpool itu berada di urutan ke-46. 

Dalam Buku ‘Edisi Ulang Tahun Ke-10, 500 Muslim: 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 (dengan ranking kumulatif selama 10 tahun)’ mereka merumuskan bahwa muslim berpengaruh adalah muslim yang menimbulkan dampak terhadap dunia muslim. Dampak ini bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan.

Daftar 50 Nama Teratas (Top 50) didominasi cendekiawan dan kepala negara. Ada 13 kategori secara keseluruhan dalam hal ini, yakni dalam bidang ilmu, politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, filantropi/dermawan, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembacaan Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta bidang ekstremisme. (Has)

 

Baca juga:

Polemik Dukungan PBB ke Jokowi-Ma’ruf

Habaib Jatim Deklarasi Dukung Jokowi-KH Ma’ruf

Jokowi Minta NU Cegah Perpecahan di Tahun Politik

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.