Jumat, 26 April 24

Jokowi: Selamat Tahun Baru Imlek 2570

Jokowi: Selamat Tahun Baru Imlek 2570
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2570 bagi yang merayakan. (Foto: Facebook Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Tahun Baru Imlek 2570 yang jatuh pada hari ini, Selasa (5/2/2019), merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Melalui media sosial Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2570 bagi yang merayakan.

“Selamat Tahun Baru Imlek 2570 bagi yang merayakan. Semoga di tahun baru ini, persaudaraan kita menjadi lebih erat, penuh suka cita, berlimpah cinta dan kedamaian,” tulis Jokowi di laman Facebooknya, Selasa.

Dikutip dari Wikipedia.org Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五暝 元宵節 pada tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī 除夕 yang berarti “malam pergantian tahun”.

 

Baca juga:

Tahun Baru Imlek Swiss-Belresort Bandung Gelar Promosi Spesial

FOTO Permintaan Lilin Meningkat Jelang Imlek

FOTO Menag Buka Perayaan Imlek

Malaysia Minta Maaf Atas Ucapan Imlek Bergambar Ayam Berkokok

 

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum, seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Imlek secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2017 masehi “Tahun Tionghoa” dapat jadi tahun 4715, 4714, atau 4654.

Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk KoreaMongoliaNepalBhutanVietnam, dan Jepang (sebelum 1873). Di Daratan Tiongkok, Hong KongMakauTaiwanSingapuraIndonesiaMalaysiaFilipinaThailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang signifikan, Tahun Baru Imlek juga dirayakan, dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.