Rabu, 21 November 18

Hari Pahlawan, Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Enam Tokoh

Hari Pahlawan, Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Enam Tokoh
* Ilustrasi hari pahlawan. (foto: al-wayah9.com)

Jakarta, Obsessionnews.comSetiap tanggal 10 November Indonesia memperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengingatkan akan peristiwa perang terbuka terbesar di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Maka dari itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang akan diberikan di Istana Negara, Jakarta.

“Alhamdulillah, Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam calon Pahlawan Nasional yang akan diberikan gelar oleh beliau besok,” kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat ditemui di Surabaya, Rabu (7/11/2018).

Agus tak menyebutkan keenam tokoh yang bakal menyandang gelar pahlawan nasional tersebut. Ia mengatakan enam tokoh itu berasal dari Jawa Tengah, Bangka Belitung, Banjarmasin, Yogyakarta, Banten, dan Sulawesi Barat.

Agus mengatakan tahun ini tak ada calon pahlawan nasional yang berasal dari Jawa Timur. Ia menyebut di provinsi ini sudah banyak tokoh yang dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Jawa Timur ada enggak ya? Karena saya pikir, pahlawan nasional dari Jawa Timur itu sudah banyak, jadi belum ada,” katanya.

Menurut dia, penetapan enam calon pahlawan nasional tahun ini adalah jumlah terbanyak yang pernah dilakukan pemerintah selama beberapa tahun terakhir.

“Biasanya, tahun lalu hanya empat orang saja. Tahun sebelumnya kurang dari empat orang. Tapi, Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam calon,” ucapnya.

Sesuai agenda, upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional akan diadakan pada pukul 13.00 WIB di Istana Negara.

Selain menetapkan gelar pahlawan nasional, jelang peringatan Hari Pahlawan pada 10 November esok, Agus mengatakan pemerintah juga melakukan sejumlah kegiatan.

Hal itu, kata dia, perlu dilakukan untuk menumbuhkan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan di diri anak muda Indonesia.

“Kami sekitar 2 minggu yang lalu sudah mengundang anak-anak SMP SMA di Jakarta untuk ikut safari museum, agar mereka sejak dini tertanamkan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan,” tukasnya. (Bal)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.