Minggu, 19 September 21

Nasihat Singkat

Nasihat Singkat

Oleh: Imam Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation, New York

 

Manusia itu identik dengan keterbatasan, kekurangan, kesalahan dan dosa-dosa. Di saat ada manusia yang merasa tidak terbatas, tidak punya kekurangan, tidak bersalah dan sok suci, maka itu adalah pengingkaran yang nyata akan kemanusiaannya sendiri.

Tapi yang paling berbahaya dan merugikan lagi adalah di saat seseorang sadar akan ketidakmampuan dirinya sendiri, tapi angkuh dan membusungkan dada. Orang seperti ini hanya punya dua pilihan. Akan marah pada dirinya sendiri sehingga frustrasi dan hilang harapan.

Yang paling runyam adalah mencari kesalahan orang lain, bahkan membenci kesuksesan orang lain. Dia akan berusaha agar orang terhalang sukses, bahkan berusaha agar kesuksesan orang lain itu hilang darinya. Minimal menjadi seperti dirinya sendiri. Penderitaannya ada pada kesuksesan orang lain. Dan kenahagiaannya ada pada kegagalan orang lain.

Penyakit itulah yang dinamai hasad. Saking bahayanya Rasulullah SAW juga diperintahkan meminta perlindungan khusus: “dan dari kejahatan orang yang dengki di saat mendengki”.

Orang yang terjangkiti penyakit ini tidak alan pernah tenang. Dia bagaikan memendam bara api yang menghanguskan segala kebajikannya. Atau dalam bahasa Rasul: “bagaikan api melalap kayu bakar”.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.