Jumat, 17 September 21

NasDem Tolak Mahar Calon Kepala Daerah

NasDem Tolak Mahar Calon Kepala Daerah
* Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella

Jakarta, Obsessionnews – Pilkada serentak Desember 2015 mendatang telah di ambang pintu. Pendaftaran calon kepala daerah akan dimulai pada Juli. Menjelang pendaftaran pilkada berhembus isu santer calon kepala daerah harus membayar mahar kepada parpol-parpol yang mengusungnya. Tanpa membayar mahar yang nilainya mencapai miliaran rupiah, jangan harap mendapat dukungan dari parpol.

Namun, Partai Nasional Demokrat (NasDem)  menolak mahar dari calon kepala daerah. NasDem akan melakukan langkah konkret untuk menghindari praktik-praktik seperti itu di pilkada 2015. (Baca: Nasdem Siap Menangkan Pilkada Jabar di 8 Kabupaten)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Patrice Rio Capella mengungkapkan, ada beberapa cara yang dilakukan untuk menghindari praktik mahar. “Pertama, mengumumkan secara resmi pada waktu proses rekrutmen. Kita tegaskan jauh-jauh hari, itu kita bikin tertulis sehingga nanti setiap bakal calon yang daftar ke partai tinggal menyampaikan CV (riwayat hidup) dan persyaratan lainnya,” kata Rio dalam acara Prime Time News di Metro TV, Senin (8/6/2015). (Baca: Nasdem Dukung Reshuffle Kabinet)

Setelah mendaftarkan diri tanpa menggunakan mahar, lanjutnya, calon kepala daerah akan diproses oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) setempat dan disampaikan namanya ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Desk khusus pilkada akan melakukan survei nama-nama yang telah masuk secara internal dengan bantuan lembaga survei.

“Hasil survei nanti dianalisa. Kalau dia incumbent tapi selisihnya jauh dari penantangnya atau kemudian atau sama hasil surveinya akan didiskusikan siapa yang akan kita dukung,” ujarnya.

Menurutnya, NasDem berpegang teguh melihat potensi bakal calon kepala daerah benar-benar dari kualitas. Bukan semata-mata uang yang mereka berikan. Rio juga dengan tegas akan menindak kader-kader nakal yang bertindak sebagai calo. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.