Jumat, 7 Agustus 20

Nama Hendropriyono dan Mooryati Sudibyo Tidak Masuk Wantimpres

Nama Hendropriyono dan Mooryati Sudibyo Tidak Masuk Wantimpres

Jakarta – Seminggu sebelum pelantikan nama AM Hendropriyono dan Mooryati Sudibyo masuk dalam daftar calon anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Namun hingga Presiden Jokowi mengambil sumpah sembilan anggota Wantimpres di Istana Negara, ternyata kedua nama itu tidak ikut hadir.

“Kita tidak tahu nama-nama itu masuk. Kalau di list panjang sebelumnya (nama mereka) memang ada. Tapi ini diputuskan hari Jumat,” ujar Menteri Sekertaris Negara Pratikno di sela-sela pelantikan di Istana Negara Jakarta, Senin (19/1/2015).

Pratikno mengaku membuat draft Keputusan Presiden tentang pengangkatan Wantimpres. Menurutnya sudah ada komunikasi dengan pihak Hendropriyono yang meminta tidak dilibatkan. Begitu juga nama Mooryati Sudibyo.

“Saya rasa Pak Hendro menolak, dari sini juga tidak. Jadi kedua belah pihak sudah sepakat. Nah Saya kurang tau kalau bu Mooryati. Yang jelas dalam minggu terakhir kita gak tau bu Mooryati ada dalam list,” katanya.

Istana kemudian memasukan dua nama baru yang sebelumnya tidak pernah terdengar di media massa yakni Malik Fajar dan Sri Adiningsih. Pratikno menerima tambahan dua nama itu sejak Jumat lalu. “Sudah ada sejak Jumat,” ungkapnya.

Berikut nama sembilan anggota Wantimpres yang baru dilantik Jokowi hari ini :

1. Subagyo HS (Hanura)
2. Sidarto Danusubroto (PDIP)
3. Yusuf Kartanegara (PKPI)
4. Hasyim Muzadi (eks Ketum PBNU)
5. Suharso Monoarfa (PPP)
6. Rusdi Kirana (PKB)
7. Jan Darmadi (Nasdem)
8. Malik Fajar (tokoh Muhammadiyah)
9. Sri Adiningsih (Profesor UGM).

(Has)

Related posts