Jumat, 26 April 24

Nadiem Hapus UN, Syafii Maarif: Jangan Serampangan, Ini Bukan Gojek

Nadiem Hapus UN, Syafii Maarif: Jangan Serampangan, Ini Bukan Gojek
* Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Kemendikbud)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menghapus ujian nasional (UN) mendapat kritikan tajam dari Cendekiawan, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii. Ia memita Nadiem lebih hati-hati dalam bersikap.

“Penghapusan UN itu harus hati-hati. Tidak segampang itu,” kata Buya Syafii di sela menghadiri pengukuhan guru besar untuk Ketua Umum PP Muhammadiytah Haedar Nashir di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kamis (12/12/2019).

Mantan Ketua PP Muhammadiyah itu tak setuju UN dihapus. Sebab dengan begitu, pendidikan nasional tidak punya tolak ukur bagi siswa, sejauh mana mengerti dan menguasai materi pelajaran.

“Nanti kalau tidak begitu ada ujian nasional, nanti para murid, para siswa itu tidak sungguh-sungguh lagi belajar,” ujarnya.

Buya pun berharap pemerintah mengkaji lagi langkah penghapusan UN ini dan tidak buru buru mengambil keputusan sebelum menimbang secara matang baik buruknya. Ia mengingatkan kepada Nadiem mengurus pendidikan tidak sama dengan GoJek.

“Jangan tergesa-gesa, kaji ulang secara mendalam, libatkan perangkat pendidikan yang mengerti betul. Jangan serampangan, ini bukan Gojek,” ujar Buya.

Sebelumnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla khawatir jika ujian nasional dihapus maka mental pelajar Indonesia akan lembek. “Pentinglah itu (UN), jangan biarkan generasi menjadi lembek,” ujarnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.