Sabtu, 20 April 24

Nabi Muhammad Tempati Urutan Pertama dalam Daftar 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Nabi Muhammad Tempati Urutan Pertama dalam Daftar 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
* Buku karya Michael H. Hart, “100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah”, yang diterjemahkan oleh Mahbub Djunaidi. (Sumber foto: mojokstore.com)

Tatkala berusia empat puluh tahun, Nabi Muhammad yakin bahwa Tuhan Yang Maha Esa ini menyampaikan sesuatu kepadanya dan memilihnya untuk jadi penyebar kepercayaan yang benar.

Selama tiga tahun Nabi Muhammad hanya menyebar agama terbatas pada kawan-kawan dekat dan kerabatnya. Baru tatkala memasuki tahun 613 beliau mulai tampil di depan publik. Begitu beliau sedikit demi sedikit punya pengikut, penguasa Mekkah memandangnya sebagai orang berbahaya, pembikin onar.

Di tahun 622, cemas terhadap keselamatannya, Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, kota di utara Mekkah berjarak 200 mil. Di kota itu belau ditawari posisi kekuasaan politik yang cukup meyakinkan. Peristiwa hijrah ini merupakan titik balik penting bagi kehidupan Nabi.

Di Mekkah beliau susah memperoleh sejumlah kecil pengikut, dan di Madinah pengikutnya makin bertambah, sehingga dalam tempo cepat belau dapat memperoleh pengaruh yang menjadikannya seorang pemegang kekuasaan yang sesungguhnya.

Pada tahun-tahun berikutnya sementara pengikutnya bertumbuhan bagai jamur, serentetan pertempuran pecah antara Mekkah dan Madinah. Peperangan ini berakhir tahun 630 dengan kemenangan pada pihak Nabi Muhammad, kembali ke Mekkah selaku penakluk.

Sisa dua setengah tahun dari hidupnya beliau menyaksikan kemajuan luar biasa dalam hal cepatnya suku-suku Arab memeluk agama Islam.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.