Sabtu, 20 April 24

Nabi Muhammad Hijrah ke Madinah, Dominasi Yahudi Mulai Memudar

Nabi Muhammad Hijrah ke Madinah, Dominasi Yahudi Mulai Memudar
* Prof. Dr. U. Maman Kh., S.S., M. Si. (Foto: dok. pribadi)

Ketika mereka menarik orang-orang Yahudi untuk menjadi pendukungnya, kelompok Yahudi pun ikut terpecah, Bani Quraizhah dan Bani Nadhir mengikuti Aus, dan Bani Qainuqa mengikuti Khazraj. Ketika kedua suku ini saling berperang, orang-orang Yahudi ikut memerangi saudaranya, walaupun kemudian mereka berusaha menebusnya jika ada yang tertawan. Mereka mengamalkan sekaligus meninggalkan sebagian ajaran kitab suci mereka sendiri.  Sikap Yahudi itulah yang digambarkan dalam al Qur’an sebagai berikut:

ثُمَّ أَنتُمۡ هَٰٓؤُلَآءِ تَقۡتُلُونَ أَنفُسَكُمۡ وَتُخۡرِجُونَ فَرِيقٗا مِّنكُم مِّن دِيَٰرِهِمۡ تَظَٰهَرُونَ عَلَيۡهِم بِٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِ وَإِن يَأۡتُوكُمۡ أُسَٰرَىٰ تُفَٰدُوهُمۡ وَهُوَ مُحَرَّمٌ عَلَيۡكُمۡ إِخۡرَاجُهُمۡۚ أَفَتُؤۡمِنُونَ بِبَعۡضِ ٱلۡكِتَٰبِ وَتَكۡفُرُونَ بِبَعۡضٖۚ فَمَا جَزَآءُ مَن يَفۡعَلُ ذَٰلِكَ مِنكُمۡ إِلَّا خِزۡيٞ فِي ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَاۖ وَيَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ يُرَدُّونَ إِلَىٰٓ أَشَدِّ ٱلۡعَذَابِۗ وَمَا ٱللَّهُ بِغَٰفِلٍ عَمَّا تَعۡمَلُونَ٨٥

“Kemudian kamu, (Bani Israil) membunuh dirimu (saudaramu sebangsa) dan mengusir segolongan dari kamu dari kampung halamannya; kamu bantu membantu terhadap mereka dengan membuat dosa dan permusuhan; tetapi jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, padahal mengusir mereka itu (juga) dilarang bagimu. Apakah kamu beriman kepada sebagian Kitab (Taurat) dan ingkar kepada sebagian yang lain? Tidak ada balasan bagi orang yang berbuat demikian di antara kamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.” (QS. Al Baqarah [2]: 85)

Sumber:

Salim Bahreisy dan H. Said Bahreisy, Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1 hal. 151-152.

Abu Muhammad  Abdul Malik bin Hisyam Al-Muafiri, (2002), Siroh Nabawiyyah Ibnu Hisyam, Edisi Bahasa Indonesia, Darul Falah, Jakarta Timur.

Fina Fatmah (2017), “Yahudi Di Madinah: Kontribusinya Terhadap Nabi Muhammad Saw,” Jurnal Living Hadis, Vol. 2 Nomor  , Oktober, 2017; ; p-ISSN: 2528-756; e-ISSN:  2548-4761, hal. 415-437

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.