Kamis, 21 Oktober 21

Myanmar Selamatkan 100 Imigran Bangladesh

Myanmar Selamatkan 100 Imigran Bangladesh
* Imigran Bangladesh. (okz)

Jakarta, Obsessionnews – Lebih dari 100 orang imigran yang terdampar di pulau bagian selatan Myanmar selama berminggu-minggu, diselamatkan Angkatan Laut negara tersebut.

Media pemerintah setempat melaporkan, para imigran tersebut merupakan warga Bangladesh yang ditipu setelah sebelumnya dijanjikan bekerja di Malaysia. Sebagian lainnya, mengaku dibawa secara paksa jaringan perdagangan manusia kemudian ditinggalkan di tengah laut hingga terdampar di lepas pantai Tanintharyi.

Menurut informasi yang dilansir News Agency of Burma, mereka akan dipulangkan ke negara asal setelah dilakukan pendataan. Namun, tidak disebutkan lokasi penahanan imigran tersebut.

Pada Mei lalu, ribuan imigran dari Bangladesh serta etnik minoritas Rohinghya dari Myanmar juga terombang-ambing di tengah laut setelah Thailand melancarkan operasi terhadap jaringan penyelundup manusia. Setelah dua negara ini menolak membuka pintu, mereka ditampung pemerintah Indonesia dan Malaysia.

Berbagai pihak termasuk PBB, mendesak negara-negara tadi agar tidak mengusir kapal imigran yang ditelantarkan termasuk yang tidak diakui sebagai warga negara Myanmar.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.