Rabu, 8 Desember 21

Musim Melaut, KKP Gelar Dialog dengan Nelayan Jembrana

Musim Melaut, KKP Gelar Dialog dengan Nelayan Jembrana

Jembrana, Obsessionnews – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti mengajak nelayan Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali berdialog di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan (4/6). Dialog dengan nelayan ini digelar dalam rangka kunjungan kerja menteri yang bertepatan dengan musim melaut.

Dalam kunjungan kerjanya, Susi bersama rombongan tiba di PPN Pengambengan didampingi Plt. Dirjen Perikanan Tangkap M. Zulficar Mochtar, Direktur Kenelayanan Syafril Fauzi, Direktur Pelabuhan Agus Suherman, serta Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan Minhadi Noer Sjamsu dari Ditjen Perikanan Tangkap.

Susi mengungkapkan kegembirannya saat berdialog dengan nelayan. Ia mengaku senang dengan antusiasme penyambutan nelayan dan hasil tangkapan nelayan yang meningkat. Hal serupa juga diutarakan para nelayan dalam dialog terbuka itu. “Saya senang saat mendengar laporan Bapak-bapak, bersyukur nelayan disini sekarang hasil tangkapannya semakin banyak,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Dirjen Perikanan Tangkap yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, M. Zulficar Mochtar menuturkan jumlah tangkapan ikan nelayan Jembrana melimpah. Dari data bulan April PPN Pengambengan, tercatat 1.399 ton ikan hasil tangkapan para nelayan dengan total nilai Rp. 6,5 miliar. “Angka ini meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 1.309 ton,” katanya di sela-sela dialog dengan nelayan.

Produksi perikanan tangkap di PPN Pengambengan pada bulan April 2016 didominasi oleh ikan Lemuru. Data yang tercatat menyebutkan sebanyak 1.370 ton dengan total nilai Rp. 6,2 miliar. Perlu diketahui, jumlah kapal yang beroperasi di PPN Pengambengan saat ini sebanyak 146 unit. Terdiri dari 40 unit kapal berukuran 5-10 GT, 32 unit kapal 10-20 GT dan 74 unit kapal berukuran 20-30 GT.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Susi juga berkesempatan meninjau groin break water dan memantau perahu-perahu nelayan tradisional yang bersandar di sekitar dermaga.

Selain itu Menteri Susi juga menyerahkan program bantuan KKP kepada nelayan. Secara simbolis, dia memberikan 15 unit GPS sebagai sarana penangkapan ikan dengan total nilai Rp. 46,9 juta dan kartu nelayan sebanyak 436 buah. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.