Jumat, 24 September 21

Musim Hujan, Sejumlah APK Pilkada Rusak

Musim Hujan, Sejumlah APK Pilkada Rusak

Semarang, Obsessionnews – Memasuki musim penghujan, sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang rusak. Seperti terlihat di beberapa titik dipinggir maupun tengah kota lumpia.

Salah satunya di wilayah Sampangan. Nampak dua buah spanduk salah satu pasangan calon (paslon) yang sudah tidak layak pakai. Begitu juga di jalan arteri Tanah Mas. Terlihat satu dua alat peraga berupa spanduk telah rusak, bahkan hilang.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono mengaku telah mengetahui perihal itu dan terus memantau APK yang telah dipasang.

“Memang kita menemukan ada beberapa yang rusak dan bahkan hilang,” ujar dia kepada obsessionnews.com di kantornya, Senin (16/11/2015).

Capk rusak 1

Penyebab kerusakan APK bermacam-macam. Kebanyakan, APK rusak karena imbas kondisi angin ataupun curah hujan yang tinggi. Namun, dia tidak mengelak saat ditanya mengenai tindakan oknum tertentu yang sengaja merusak APK paslon lain.

“Tetapi memang di beberapa titik itu sepertinya ‘disengaja’,” tambahnya.

Terkait kesengajaan tersebut, pihaknya menegaskan tidak akan segan-segan melaporkan pelaku perusakan ke aparat kepolisian jika terbukti secara sengaja merusak APK.

Penggantian APK pun tidak urung dilakukan mengingat peraturan terbaru mewajibkan KPU mengganti APK yang rusak. Meski begitu, dia menegaskan bahwa penggantian tersebut hanya berlaku 1x bagi masing-masing calon. Saat ini, setidaknya terdapat 177 x 3 APK jenis umbul-umbul tersebar di kota Semarang.

“Sehingga yang lapor (APK hilang) kita respon 1×24 jam. (penggantian) Itu sudah kita lakukan di tol Tembalang kemarin,” tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.