Senin, 3 Oktober 22

Musibah Covid-19 di Indonesia Banyak Mendatangkan Hikmah

Musibah Covid-19 di Indonesia Banyak Mendatangkan Hikmah
* Menteri Agama Fachrul Razi menjadi pembicara kunci pada acara Silaturahim Hijriah Taman Iskandar Muda yang digelar secara virtual, Kamis (20/8/2020). (Foto: Istimewa)

Jakarta, Obssesionnews.com – Menteri Agama Fachrul Razi menyebut musibah Covid-19 yang melanda dunia, khususnya Indonesia, banyak mendatangkan hikmah. Di antaranya menguatnya kepedulian sosial dan kerukunan umat beragama.

 

Baca juga:

Masyarakat Aceh Diajak Bangun Jembatan Kesetiakawanan Sampai Papua

Awas! Hilang Penciuman Akibat Covid-19 Beda dari Pilek dan Flu

BPOM Tegaskan Belum Ada Satu pun Obat yang Manjur untuk Covid-19

 

“Dalam hadits dikatakan, ‘bukanlah umatku yang tidur dengan enak dan perut kenyang, sementara tetangganya kelaparan’. Kita semua harus bangkit, dan banyak bantuan sosial yang dilakukan bagi tetangga dan masyarakat,” kata Fachrul saat menjadi pembicara kunci pada acara Silaturahim Hijriah Taman Iskandar Muda yang digelar secara virtual, Kamis (20/8/2020).

Acara ini mengusung tema “Hikmah Covid-19 dan Tantangan Bagi Aceh”.

Dia juga melihat fenomena menguatnya kerukunan umat beragama. Menurutnya, ketika ada orang sakit dibawa ke rumah sakit, semua peduli, tanpa melihat suku, agama, ras, dan lainnya. Semua peduli untuk menjaga yang sehat dan mengobati yang sakit.

Kepada masyarakat Aceh Fachrul juga berpesan tentang pentingnya penyesuaian atau adaptasi dengan kehidupan baru (new normal). Setiap orang harus tetap produktif, tapi aman Covid-19.

“Adaptasi kebiasaan baru mengharuskan kita terbiasa dengan kehidupan bersih, dan itu adalah ajaran Islam. ‘Annadzafatu minal iman (kebersihan itu bagian dari iman). Kita harus mengangkat ini sesering mungkin. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” tuturnya.

Fachrul juga mengajak masyarakat berkomitmen dan proaktif dalam mengembangkan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Semoga kita semua senatiasa dalam kesehatan,” tegasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.