Kamis, 9 April 20

Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri pada 6 Juli 2016

Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri pada 6 Juli 2016
* Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Jakarta, Obsessionnews.com — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1437 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016. Keputusan penetapan Hari Raya Idul Fitri tersebut tertuang dalam maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2016.

Ketetapan ini diputuskan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, ijtimak jelang Syawal 1437 H terjadi pada hari ini, Senin (4/7/2016), pukul 18:03:20 WIB.

Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta (0= -0,7° 48’ dan n\=110° 21’ BT) =-0,1 19’ 13’’ (hilal belum wujud) dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari, bulan berada di bawah ufuk.

“Kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk melaksanakan ibadah Idul Fitri dengan memperbanyak takbir, tahmid, dan taqdis, membayar zakat fitrah serta menunaikan shalat Idul Fitri di lapangan yang bersih dan representatif sesuai dengan syariat Islam dan sunnah Nabi Muhammad SAW,” ungkap Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan tertulis, Senin (4/7/2016).

Pada maklumat itu Haedar juga meminta warga Muhammadiyah untuk melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan semua aparat pemerintah daerah agar pelaksanaan shalat Idul Fitri berjalan tertib.

Haedar juga meminta warga menjaga toleransi dan saling menghormati dengan sesama umat Islam yang menunaikan shalat Idul Fitri di tempat yang berbeda serta pemeluk agama lain yang tidak menunaikan shalat Idul Fitri.

“Pelaksanaan Idul Fitri 1437 H hendaknya tiap warga mengadakan silaturahim untuk mempererat persatuan, persaudaraan, kerukunan umat dan masyarakat dengan tetap mengamalkan prinsip hidup hemat, sederhana, dan bersahaja,” imbuhnya. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.