Kamis, 25 April 24

Mufida: Temuan Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Sinovac Jadikan Bahan Evaluasi

Mufida: Temuan Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Sinovac Jadikan Bahan Evaluasi
* Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: AyoSemarang.com)

Jakarta, Obsessionnews.comPenyebaran Covid-19 di beberapa daerah semakin mengawatirkan. Untuk itu, pemerintah melakukan berbagai cara untuk menemukan vaksin virus tersebut.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menyampaikan, temuan relawan uji klinis vaksin Covid-19 dari Sinovac yang positif Covid-19 harus dijadikan bahan evaluasi dan analisa besar terhadap efektivitas vaksin tersebut

“Temuan ini harus ditindaklanjuti dengan kajian mendalam. Mencari penyebabnya, sehingga uji klinis vaksin bisa semakin disempurnakan,” papar Mufida dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Mufida berharap temuan tersebut tidak membuat upaya uji klinis vaksin dari Sinovac berjalan mundur. Proses vaksin ini harus terus didukung namun harus lebih teliti dan diperdalam analisis uji klinisnya dengan strain kondisi yang ada di Tanah Air. Mengingat vaksin Sinovac ini impor dari negara lain dan fase uji klinisnya dilanjutkan di Indonesia

“Harus tetap didukung untuk memenuhi kebutuhan mendesak dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Tapi harus lebih teliti. Sehingga diharapkan kuartal pertama 2021 sudah bisa diajukan ke BPOM. Targetnya 70- 80 persen penduduk harus tercover oleh imunisasi nantinya,” ujar politisi PKS ini.

Vaksin Sinovac diharapkan menjadi vaksin antara sambil menunggu produk bangsa yaitu vaksin Merah Putih  yang dilakukan oleh Lembaga Eijkman bekerjasama dengan Biofarma meskipun bersifat jangka panjang.

“Proses penelitian dan pengembangan vaksin milik negeri sendiri harus terus didukung dalam jangka panjang demi semangat kedaulatan vaksin. Kemandirian bangsa dan negara harus terus ditingkatkan,” papar Mufida.

Mufida juga meminta agar privasi para relawan tetap dijaga dan hanya diketahui untuk kepentingan penelitian.

Mufida mengingatkan, dukungan terhadap pengembangan vaksin bukan lantas melakukan relaksasi terhadap protokol kesehatan di masyarakat. Sampai uji klinis berhasil, Mufida meminta ada pengetatan terhadap kepatuhan protokol kesehatan termasuk pemberlakukan PSBB total seperti yang dilakukan DKI Jakarta.

“Dukungan untuk pengembangan vaksin di dalam negeri perlu diperbesar, saat yang sama perlu terus dikampanyekan penerapan protokol kesehatan di massyarakat dan pengetatan penerapan PSBB kembali. Jangan sampai kampanye vaksin ini membuai masyarakat menjadi abai terhadap protokol kesehatan,” ungkap Mufida. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.