Kamis, 9 Desember 21

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

Padang, Obsessionnews.com – Selama musim libur lebaran 1437 Hijriyah (H), pemudik bisa berobat di rumah sakit terdekat, apabila butuh perobatan. Selagi membawa kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), rumah sakit yang ditunjuk tidak diperbolehkan menolak.

Selain itu, pihak rumah sakit juga dilarang keras memungut iuran bagi pasien. Komitmen itu diwujudkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bersama dinas kesehatan, jasa raharja dan pihak rumah sakit.

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Padang, Saiban Sidauruk mengatakan, upaya itu dilakukan untuk mewujudkan kepedulian terhadap kenyamana dan kepuasaan peserta dalam hal penjaminan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2016.

Ia meminta kepada para peserta BPJS saat melakukan perjalanan mudik lebaran untuk selalu membawa kartu JKN-KIS dan pastikan masih aktif.

“Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat, sehingga untuk prosedur peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh Kantor Cabang”, kata Saiban Sidauruk saat melakukan jumpa pers ‘Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan’ di Kantor BPJS Jalan Khatib Sulaiman, Rabu (29/6).

Kebijkan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan itu berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran. Selama ketentuan itu peserta BPJS Kesehatan yang sakit pada saat perjalanan mudik maupun telah sampai ketujuannya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat ataupun mengunjungi FKTP sementara. Kebijakan tersebut mengaju pada prinsip porbalitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang berstatus aktif, karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” ujarnya.

Dikatakan, selama peserta BPJS Kesehatan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas tidak diperkenakan menarik iuran biaya dari peserta.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta masing-masing wilayah. BPJS juga menempatkan petugas dibeberapa rumah sakit yang ada di Sumbar.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubag Pelayanan PT. Jasaraharja Sumbar Taufik Badri menambahkan, Jasaraharja telah memasang spanduk diberbagai titik rawan laka lantas yang ada di Sumbar sebanyak 175 buah. Disamping itu memberikan pelayanan kesehatan terpadu kepada pemudik di Bukittinggi dan Solok, masing-masing ditempatkan di terminal.

Pelayanan kesehatan gratis dari PT. Jasaraharja Padang, dibeberapa pool angkutan umum dan stasiun kererta api juga dibuka. Posko dibuka selama delapan hari. Selain itu juga memberikan simpatik kepada setiap pos terpadu lebaran yang berjejer sepanjang jalan yang dilalui pemudik. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.