Sabtu, 2 Juli 22

Mudik Dimulai, Pemerintah Diminta Perbanyak Posko Pelayanan

Mudik Dimulai, Pemerintah Diminta Perbanyak Posko Pelayanan
* Anggota DPD RI Fahira Idris (Foto Dok. Pribadi)

Obsessionnews.com – Diperkirakan sebanyak 85,5 juta orang akan melaksanakan mudik Lebaran 2022 dengan asal mudik utama terbesar yakni Jawa Timur, Jabodetabek, dan Jawa Tengah. Sedangkan tujuan utama yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Yogyakarta. Jabodetabek sendiri sebagai salah satu kawasan dengan jumlah pemudik terbanyak menyumbang sekitar 14,3 juta orang pemudik. Sama seperti mudik-mudik sebelumnya, pergerakan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor cukup tinggi. Diprediksi ada sekitar 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik pada mudik lebaran tahun ini.

Anggota DPD RI Fahira Idris mengungkapkan, pergerakan jumlah orang yang sangat besar di waktu yang hampir bersamaan ini tentunya memerlukan pengaturan yang maksimal. Tantangan pengaturan mudik kali ini tidak hanya terkait pengaturan lalu lintas dan angkutan lebaran tetapi juga dari sisi kesehatan karena situasi Indonesia yang masih pandemi. Oleh karena itu, selain aspek keselamatan lalu lintas, keamanan dan kelancaran, aspek kesehatan juga menjadi faktor penting penyelenggaraan Mudik Lebaran 2022.

“Saya mengapresiasi ragam strategi yang dilakukan Pemerintah dalam penyelenggaraan angkutan mudik tahun ini. Mulai dari sejumlah rekayasa lalu lintas misalnya contra flow, one way dan ganjil genap hingga dari sisi kesehatan berupa aturan vaksin. Saran saya, yang harus dikuatkan sosialisasinya adalah imbauan kepada pemudik agar tetap taat menjalankan protokol kesehatan baik selama perjalanan maupun saat sudah sampai ke kampung halaman. Selain itu, perlu diperbanyak posko-posko pelayanan di sepanjang jalur mudik, baik sebagai tempat istirahat pemudik maupun pelayanan kesehatan dan layanan antigen jika ada yang membutuhkan,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (27/4).

Menurut Fahira, tingginya animo masyarakat untuk mudik tahun ini adalah hal yang sangat lumrah, mengingat selama dua tahun belakangan mudik dilarang akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, perlu peran serta dan kesadaran semua pihak agar pelaksanaan mudik tahun ini bisa berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan tentunya sehat. Posko pelayanan menjadi salah satu prasarana penting agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan sehat.

“Situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 dan juga meningkatnya jumlah masyarakat yang sudah di vaksin, membawa banyak optimisme baru bagi bangsa ini, salah satunya dibolehkan mudik. Semoga mudik tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua,” pungkas Senator Jakarta ini.

Sebagai informasi, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 29-30 April 2022. Sedangkan puncak arus balik tanggal 8 Mei 2022. Perkiraan ini sesuai dengan awal masa cuti yang ditetapkan pemerintah, dan hari terakhir libur pada hari minggu sebelum hari kerja dimulai. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.