Sabtu, 14 Desember 19

Mourinho Resmi Jadi Manajer Tottenham

Mourinho Resmi Jadi Manajer Tottenham
* Jose Mourinho menggantikan Mauricio Pochettino sebagai manajer Tottenham Hotspur. (BBC)

Jose Mourinho resmi menjabat sebagai manajer Tottenham Hotspur, menggantikan Mauricio Pochettino yang dipecat pada Selasa (19/11).

Mourinho, yang pernah menjadi bos Chelsea dan Manchester United, telah menandatangani kontrak bersama Spurs hingga akhir musim 2022-2023.

“Kualitas baik skuad maupun akademi membuat saya bergairah. Bekerja dengan para pemain inilah yang menarik saya,” kata pria berusia 56 tahun asal Portugal itu.

Direktur Utama Spurs, Daniel Levy, berkata: “Dalam diri Jose kami memiliki salah satu manajer paling sukses dalam sepak bola.”

Mourinho kini menjadi tumpuan harapan para pendukung klub asal London Utara itu, yang kini bercokol di peringkat 14 Liga Primer dan gagal menang dalam lima pertandingan terakhir.

Sejak didepak sebagai manajer MU pada Desember 2018, Mourinho tidak terikat dengan klub manapun walau masih bermukim di London.

Dia telah menolak beberapa peluang kerja, termasuk di China, Spanyol, dan Portugal, sejak hengkang dari Old Trafford.

Di tangan Mou—julukan Mourinho—Chelsea meraih tiga gelar juara Liga Primer dan satu Piala FA. Berkat penanganannya pula, MU memenangi Liga Europa dan Piala Carabao.

Selain mengarsiteki dua klub Inggris itu, Mourinho sukses membawa FC Porto menjuarai Liga Champions; menuntun Inter Milan menjadi kampiun Serie A dan Liga Champions; serta mengantarkan Real Madrid meraih gelar juara La Liga.

Penuh Gairah
Tottenham Hotspur resmi mengumumkan penunjukkan Jose Mourinho sebagai manajer baru yang terikat kontrak sampai 2023.

Pengumuman tersebut kurang dari sehari setelah pemecatan Mauricio Pochettino yang berlangsung pada Rabu (20/11) dini hari WIB, menyusul catatan negatif klub pada awal musim 2019/20 ini.

Mourinho telah lama tidak menangani klub selepas dipecat Manchester United pada Desember lalu dan sang manajer pemenang tiga titel Liga Primer Inggris memang berhasrat untuk kembali ke dunia manajerial.

“Saya senang bisa bergabung dengan klub yang punya warisan luar biasa dan pendukung yang sangat penuh gairah,” kata Mourinho melalui laman resmi Spurs.

“Kualitas yang ada di skuad dan akademi membuat saya antusias. Bekerja dengan para pemain tersebut merupakan hal yang membuat saya tertarik.”

Sementara itu, pemilik Tottenham, Daniel Levy menekankan rekam jejak Mourinho menjadikannya sebagai manajer yang ideal untuk menangani Spurs. “Dalam Jose, kami memiliki salah satu manajer sepakbola paling sukses,” terang Levy.

“Ia memiliki banyak pengalaman, dapat menginspirasi tim dan merupakan juru taktik yang hebat. Ia telah memenangkan prestasi di setiap klub yang dilatihnya.”

“Kami percaya ia akan membawa energi dan kepercayaan diri ke ruang ganti.” (BBC/GOAL)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.