Kamis, 25 April 24

Momentum IIMS 2016 Jadi Solusi Penggebrak Pasar

Momentum IIMS 2016 Jadi Solusi Penggebrak Pasar

Jakarta, Obsessionnews – Sebulan lagi pameran otomotif tahunan PT Dyandra Promosindo, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 akan diselenggarakan kembali pada tanggal 7-17 April 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Awal tahun 2016 Target penjualan pelaku bisnis otomotif tidak menyenangkan. Secara umum bisnis otomotif masih lesu.

Total angka penjualan mobil pada Januari, misalnya, hanya mencapai 84.885 unit. Turun 9,9% dibandingkan periode sama pada 2015. Hal sama dialami pemain roda dua. Realisasi penjualan sepeda motor terjual sepanjang Januari 2016 hanya 416.263 unit. Menukik 17,2% dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencatatkan angka 502.783 unit.

Data lain yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), hingga ujung Maret tahun ini rata-rata penjualan diprediksi masih tertatih-tatih sehingga banyak pebisnis merasa pesimistis mencapai target penjualan pada triwulan pertama 2016.

“Rata-rata produsen memang mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan di Semester I tahun ini. Tugas kami tinggal menyiapkan venue yang representative, konsep pameran yang mumpuni dan program-program unggulan sebagai pendukung acara,” kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/3).

IIMS 2016 --

Ia menyebutkan, hampir semua APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan bermotor roda empat dan dua akan tampil all out di IIMS 2016. Saat ini yang sudah pasti hadir adalah 18 merek mobil dan 8 merek motor, sementara merek lain tengah menyelesaikan segala sesuatunya hingga akhir Maret. Jika tak ada kendala di saat-saat terakhir, diproyeksikan total brand yang akan tampil sebanyak lebih dari 30 merek.

“Tunggu sajalah kejutan dari masing-masing APM. Entah itu launching produk atau varian baru, yang pasti publik sudah menanti-nanti,” ujarnya.

Ia menyebutkan, penyelenggaraan tahun ini akan menggunakan hall baru B3 dan C3 yang didesain sedemikian rupa untuk memudahkan lalu lintas pengunjung. Hall yang tahun lalu menjadi ajang konser Ariana Grande itu akan ditempati Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Toyota dan beberapa lainnya. Di Hall B dan C, kelompok mobil premium dimeriahkan Audi, BMW, Garansindo (Chrysler, Dodge, Jeep, dan Fiat), Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen. Tata Motor juga gabung di area outdoor.

Terobosan yang dimulai tahun lalu dengan mengetengahkan industri sepeda motor, akan berlanjut di seri IIMS 2016 dan malah lebih gemerlap. Garansindo hadir dengan brand Ducati, Peugeot Scooters, Italjet dan Zero Motorcycle. Sementara di Hall C akan bertarung para APM pemimpin pasar seperti BMW Motorrad, Honda, Yamaha serta pendatang baru yaitu Royal Einfield.

“Berbagai sarana penunjang telah disiapkan, termasuk fasilitas transportasi shuttle bus gratis yang mudah dan nyaman dari 14 titik strategis di Jabodetabek. Soal target transaksi, tentu saja kami berharap lebih dari tahun lalu, terlebih karena momennya lebih bagus,” kata Hendra.

Tahun lalu dalam situasi yang sama sekali tak kondusif, IIMS mampu mendatangkan 359.374 pengunjung dengan membukukan total transaksi Rp 1,636 triliun. Jumlah mobil dan motor yang terjual saat itu tercatat 4.894 unit. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.