Sabtu, 4 Februari 23

Moeldoko Mau Pensiun, Panglima TNI Temui Jokowi

Moeldoko Mau Pensiun, Panglima TNI Temui Jokowi

Jakarta, Obsessionnews – Panglima TNI Jenderal Moeldoko sedang menjalani masa-masa akhirnya sebagai orang nomor satu di pucuk pimpinan TNI, artinya tidak lama lagi dia akan pensiun dan kembali menjadi masyarakat biasa.

Moeldoko mengaku sudah memiliki rencana setelah pensiun per 1 Agustus 2015, mulai dari ingin mengajar sebagai dosen di salah satu universitas, mengembangkan bisnis keluarga hingga terjun ke dunia politik.

Hhm... ngajar, bisnis juga kali ya,” ujarnya sambil tersenyum. Moedoko berada di kompleks Istana Kepresidenan untuk bertemu Presiden Jokowi, Selasa (9/6/2015).

Pilihan yang terakhir belum menjadi prioritasnya, walaupun hampir sebagian besar panglima TNI setelah pensiun berkiprah dan memulai tantangan baru dengan bergabung ke dalam sebuah partai politik. Parpol akan menjadi kendaraan untuk melanjutkan abisi pribadi.

“Nantilah itu,” tutur lulusan doktor di fakultas administrasi publik ini.

Presiden Jokowi tengah menyusun nama calon pengganti Moeldoko. Sebelumnya presiden mengatakan belum tentu akan mengikuti prasyarat yang disebutkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dalam pasal 13 ayat 4 disebutkan panglima dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.

“Perlu saya sampaikan, semua pertimbangan yang masuk kepada saya adalah hak prerogatif Presiden. Tunggu saja,” tegas Jokowi.

Sejauh ini pergantian panglima TNI sudah dilakukan secara bergiliran. Setelah Moeldoko kini panglima sesuai aturan tersebut berasal dari TNI Angkatan Udara (AU). Jenderal Moeldoko berasal dari Angkatan Darat. Sebelumnya jabatan itu diemban oleh Laksamana Agus Suhartono dari Angkatan Laut.

Sementara ketiga kepala staf TNI yang aktif adalah KSAU Marsekal Madya TNI Agus Supriatna, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmatyo. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.