Kamis, 23 September 21

Misteri Ribuan Tahun Jasad Ratu Nefertiti Mulai Terkuak

Misteri Ribuan Tahun Jasad Ratu Nefertiti Mulai Terkuak

Obsessionnews – Arkeolog Mesir Kuno mengklaim telah menemukan makam Ratu Nefertiti yang hilang sejak kematiannya pada abad ke-14 SM. Jasad wanita cantik istri dari penguasa Mesir, Firaun, diyakini telah disembunyikan  di balik dinding makam Raja Tutankhamun, anak tiri dari Ratu Nefertiti.

Arkeolog 90 persen yakin ada sesuatu di balik dinding ruang anak raja tersebut dan telah menemukan tempat peristirahatan terakhir hilangnya Ratu Nefertiti.

Dilansir dari Dailymail, Minggu (29/11/2015), konfirmasi tempat peristirahatan terakhirnya akan menjadikan penemuan arkeologi Mesir yang paling luar biasa abad ini.

Sejauh ini bukti baru dari gambaran radar telah diambil untuk dikirim ke tim di Jepang agar dianalisis. Hasilnya diharapkan akan diumumkan dalam satu bulan.

“Kami mengatakan sebelumnya ada peluang 60 persen ada sesuatu di balik dinding. Tapi sekarang setelah membaca awal scan, kita katakan sekarang 90 persen yang mungkin ada sesuatu di balik dinding tersebut,” kata Menteri barang antik Mesir Mamdough al-Damaty.

Ratu Nefertiti2

Mamdough berharap untuk mencapai sisi lain dinding makam dalam waktu tiga bulan. Penemuan Nefertiti, yang tulang pipi dan keindahan megah yang dipahat telah diabadikan dalam patung berusia 3.300 tahun sekarang di sebuah museum Berlin, akan menjelaskan apa yang tersisa pada periode misterius sejarah Mesir.

Ini juga bisa menjadi keuntungan bagi permasalahan industri pariwisata Mesir yang mengalami kemunduran, sejak pemberontakan yang menggulingkan pemerintahan Hosni Mubarak pada tahun 2011 dan yang merupakan sumber penting dari mata uang asing.

“Pada kenyataannya, ruang kosong di balik dinding berdasarkan radar, sangat akurat, tidak ada keraguan,” ucap Spesialis radar Jepang Hirokatsu Watanabe dalam konferensi pers.

Sementara Ahli sejarah asal Inggris Nicholas Reeves yang memimpin penyelidikan mengatakan, bulan lalu ia percaya makam Tutankhamun awalnya diduduki oleh Nefertiti dan bahwa dia terbaring di dinding partisi itu.

Reeves memperingatkan, sayatan di dinding itu bisa mendatangkan kerusakan karena telah tertutup rapat selama bertahun-tahun.

“Kuncinya adalah untuk menggali (dinding) secara perlahan dan hati-hati, serta merekam dengan baik. Faktanya adalah ini bukan perlombaan. Kita harus melakukannya dengan baik,” jelasnya.

Ratu Nefertiti3

Raja Tut meninggal sekitar 1323 SM dengan makam yang utuh, lengkap dengan topeng pemakaman emasnya yang terkenal, ditemukan di Lembah Para Raja di Luxor, bagian selatan Mesir.

Para ahli sejarah telah lama berusaha memahami mengapa makam Tut lebih kecil dari Firaun lainnya dan mengapa bentuknya lebih sesuai dengan ratu Mesir.

Ahli Mesir Kuno masih belum pasti di mana Nefertiti meninggal dan dikuburkan. Dia telah lama diyakini telah meninggal selama pemerintahan suaminya, Firaun. Ia bisa saja dikubur di Amarna, di mana dadanya ditemukan pada 1912, sekitar 400 km, sebelah utara dari Luxor.

“Penelitian tidak selalu diterjemahkan ke dalam realitas. Tapi sepertinya kita sedang menuju ke arah yang benar, dan penyelidikan kami akan baik,” ujar Reeves. (Popi Rahim)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.