Jumat, 26 April 19

Miris!!! Nama Barokah Buat Jual Miras

Miris!!! Nama Barokah Buat Jual Miras
* Razia miras oleh aparat di Tuban, Jawa Timur. (foto: beritajatim.com)

Tuban, Obsessionnews.com – Ada ada saja cara orang mencari rezeki. Ada yang menggunakan cara halal, juga ada yang menggunakan cara yang tidak halal. Bahkan ada yang menggunakan cara berkedok produk halal untuk menjual dagangannya yang haram.

Seperti yang terjadi baru-baru ini, warung makan ‘Barokah’ yang ada di Rembes, Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur ini, dengan nama Barokah yang artinya berkah malah menjual minuman-minuman haram, seperti menjaul arak, bir hitam, dan putih.

Kasus ini berawal dari petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polres Tuban , TNI dan juga Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, Jawa Timur menggelar razia sejumlah warung.

Sasarannya adalah warung yang berjualan minuman keras (miras) dan tempat karaoke liar. Hasilnya terdapat warung makan yang berjualan miras jenis arak dan juga bir.

Kegiatan itu diawali dengan menyisir sejumlah warung yang ada di Kecamatan Palang. Beberapa titik warung yang dinilai sering meresahkan masyarakat kangsung didatangi oleh petugas gabungan. Namun ketika melakukan pemeriksaan di warung makan ‘Barokah’ petugas menemukan arak, bir hitam dan putih.

“Saat dilakukan pemeriksaan di warung makan Barokah ini ditemukan arak dan juga bir. Araknya ada lima botol dan bir putih 20 botol, bir hitam tujuh botol,” terang Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Pemkab Tuban Joko Herlambang , Selasa (29/1/2019).

Sebagai penambah informasi, berkah atau barokah adalah salah satu kata selain salam dan rahmat– yang terkandung dalam salam Islam, seperti Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan keberkahan selalu menyertai Anda (kalian).

Kata berkah juga termasuk dalam doa kita kepada yang menikah: baarokalloohu lakuma…. Semoga keberkahan Allah untuk kalian berdua (pasangan pengantin).

Dalam khotbah Jumat, khotib biasanya menutup khutbah pertama  dengan ungkapan baarokallohu lii walakum, semoga berkah Allah untukku dan untuk kalian. Demikian pula di akhir khotbah kedua sebelum doa penutup khotbah.

Pengertian Berkah

Menurut bahasa, berkah berasal dari bahasa Arab: barokah (بركة), artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.

Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.