Rabu, 30 September 20

MiPROTECTION Peduli pada Gangguan OCD

MiPROTECTION Peduli pada Gangguan OCD
* MiPOWER by Sequis mendukung milenial untuk hidup sehat fisik maupun mental dengan menyediakan asuransi kesehatan MiPROTECTION. (Foto: Sequis)

Jakarta, Obsessionnews.com
Gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD) kembali diperbincangkan setelah beberapa waktu lalu presenter Rina Nose membuat pengakuan, bahwa ia ‘gila’ kebersihan dan merasa cemas bila melihat jejak kotor. Misalnya di toilet umum ada sobekan kertas tisu berserakan.

Berdasarkan Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder, obsesi pada penderita OCD didefinisikan sebagai pemikiran-pemikiran, dorongan, dan gambaran yang mengganggu, tidak diinginkan, dan terjadi secara terus menerus hingga menimbulkan kecemasan.

Dokter psikiater RS Premier Bintaro DR. dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ  mengatakan, OCD berasal dari kata ‘Obsesif’ dan ‘Kompulsif’ yang berarti pikiran serta perilaku seseorang yang akan terjadi secara  terus-menerus secara berulang-ulang. Contohnya setelah mengunci pintu, seorang pengidap OCD biasanya akan mengecek berkali-kali demi memastikan pintu terkunci.

“Penderita OCD biasanya mempunyai satu tema atau pola tertentu, lalu melakukan tindakan secara kompulsif. Hal ini terjadi karena pengidap OCD tidak dapat menyaring pemikirannya, misalnya pada kasus Rina, tentang kuman. Pengidap tidak akan bisa berhenti berpikir tentang kontaminasi kuman sampai menimbulkan keresahan dalam dirinya. Tentu saja adanya rasa resah dan cemas akan  menyita waktu si penderita sampai berjam-jam, bahkan dapat menganggu aktivitas normal mereka,” ujar Ria dalam keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Senin (3/8/2020).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.