Sabtu, 18 September 21

Minggu Sore, Jadwal Penerbangan Garuda Mulai Pulih

Minggu Sore,  Jadwal Penerbangan Garuda Mulai Pulih

Semarang, Obsessionnews – Sejumlah penerbangan Garuda Indonesia yang terkena imbas peristiwa kebakaran di areal komersial Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Minggu (5/7/2015) pada sore ini mulai pulih.

Pelaksana Harian Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan mengungkapkan hingga jam 5 sore tadi, pihaknya telah memperbaiki operasional jadwal dan memberangkatkan para penumpang yang telah menunggu sedari pagi.

“Pukul 17.00 WIB sore tadi, total penerbangan Garuda Indonesia yang sudah diberangkatkan sebanyak 45 penerbangan dari total 80 penerbangan rata-rata keterlambatan 3-4 jam,” ucapnya melalui siaran pers.

Menurut Rosan, beberapa destinasi tujuan yang dialihkan diantaranya ialah Surabaya, Denpasar, Makasar, Palembang, Medan, Semarang, Jogjakarta, Ambon, Pontianak, Malang, Pekanbaru, Batam, Padang, Solo, dan Balikpapan. Sedangkan untuk rute internasional yang sudah diberangkatkan adalah Perth, Singapura, Kuala Lumpur.

“Adapun penerbangan yang dibatalkan pada hari ini adalah penerbangan tujuan Tanjung Karang dengan nomor penerbangan GA 076 dan GA 078 yang disebabkan oleh operating hours Bandara Radin Inten, Bandar Lampung, yang tidak memungkinkan untuk beroperasi,” terangnya.

Sebagai bentuk kompensasi, para penumpang selanjutnya diinapkan di hotel untuk diberangkatkan pada Senin (6/7/2015) besok.

Sementara itu, terdapat 6 penerbangan yang tetap dijadwalkan beroperasi secara normal, yakni Jakarta-Beijing (GA 890), Jakarta – Amsterdam (GA 888), Jakarta – Haneda (GA 874), Jakarta – Incheon (GA 878), Jakarta – Shanghai (GA 894) ,dan Jakarta – Sidney (GA 712).

Guna antisipasi penumpukan penumpang, pihaknya telah menyediakan pesawat ukuran besar seperti Boeing 747-400 untuk mengangkut penumpang pada beberapa penerbangan yang terkena dampaka insiden kebakaran.

Proses check-in penumpang bagi penumpang domestik saat ini tetap dilakukan di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Bagi penumpang internasional dialihkan ke Terminal 2D. PT Garuda Indonesia juga telah menurunkan personel Family Assistance Center (FAC) dan personel tambahan PT Gapura Angkasa untuk mendukung kegiatan operasional penerbangan di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Terkait aspek operasional di bandara, sistem ticketing dan konter check-in yang sebelumnya terganggu, kini sudah dapat beroperasi kembali walaupun belum sepenuhnya normal sejak pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk sistem conveyor belt penanganan bagasi dan platform pendukung lainnya, sementara waktu Garuda masih menggunakan sistem manual sampai seluruh sistem terbenahi. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.