Rabu, 1 Desember 21

Minggu Ini DPR Putuskan Kapolri Baru

Minggu Ini DPR Putuskan Kapolri Baru

Jakarta, Obsessionnews – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto memastikan, akan mengumumkan Kapolri yang baru pada pekan ini sebelum tanggal 20 April 2015. Sebab, Komisi III DPR sudah diminta untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada calon Kapolri Komjen Polisi Badrodin Haiti, dan diberi waktu 20 hari dari waktu yang ditetapkan.

Agus mengatakan, bila dalam waktu tersebut DPR belum juga melakukan uji kelayakan kepada Kapolri, maka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhak calon kapolri yang baru. Hal itu sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri.

“Jadi sebelum tanggal 20 harus ada kapolri yang ditetapkan,” ujar Agus di DPR, Senin (13/4/2015).

‎Karena itu, lanjut Agus penetapan Kapolri tidak sepenuhnya diserahkan kepada DPR. Lantaran DPR hanya diberikan waktu 20 hari untuk memberikan persetujuan kapolri yang diajukan oleh Presiden. Bila waktu yang ditentukan Komisi III tidak melakukan proses seleksi, maka Presiden berhal melantik Barodin.

Selanjutnya, dalam waktu dekat ini DPR akan melakukan kunjungan ke rumah Barodin Haiti. Agus berharap setelah itu Komisi III bisa secepatnya melakukan uji kelayakan dan kepatutan, sehingga dalam waktu 20 hari mendatang sudah ada Kapolri definitif.

‎Pasalnya, Presiden Jokowi sudah lama menyerahkan surat pencalonan Badrodin. Selain itu Jokowi juga sudah bersedia menemui pimpinan DPR untuk menggelar rapat konsultasi. Jokowi juga sudah memberikan penjelasan mengapa dirinya batal melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, dan memilih Barodin sebagai penggantinya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.